Ajari Mahasiswa IP Bahasa Thailand, Mahasiswa COLA-KKU Jadi Tutor Kursus Bahasa Thailand

Senin, 18 Februari 2019 13:20 WIB   Program Studi Ilmu Pemerintahan

Ajari Mahasiswa IP Bahasa Thailand, Mahasiswa COLA-KKU Jadi Tutor Kursus Bahasa Thailand

Kegiatan kursus bahasa Thailand diadakan secara gratis oleh Prodi IP UMM. Mahasiswa yang mengikuti kursus bahasa berjumlah 15 orang dengan beragam angkatan, mulai dari semester 2 hingga semester 8. Setiap minggunya, kursus diadakan setiap hari Jum’at dan hari Sabtu pukul 13.00 WIB bertempat di Laboratorium Ilmu Pemerintahan UMM. Adapun yang mengajari bahasa Thailand ialah mahasiswa pertukaran dari COLA Khon Kaen University Thailand yaitu Ms. Suparom Wongracha, Ms. Mintra Wongwirat, Mr. Kanarwut Duangin dan Mr. Sittisak Kaeothanmanukun Kursus yang telah berjalan selama 2 minggu ini telah banyak memberikan pengetahuan kepada mahasiswa IP. Mahasiswa IP diajarkan tentang kosa kata, abjad, nomor, dan kalimat pernyataan, pertanyaan dan lainnya.

Mahasiswa IP sangat antusias untuk belajar bahasa Thailand ini, terbukti dengan semangatnya dalam hadir dan mempraktekkan bahasa Thailand. Selain itu, adanya perbedaan nada atau car abaca membuat mahasiswa IP kesulitan untuk mengucapkan. Tetapi dengan usaha yang sungguh-sungguh, mahasiswa yang mengikuti kursus dapat mempraktekkan dengan baik.

Kursus bahasa Thailand yang diadakan oleh Program Studi Ilmu Pemerintahan UMM ternyata banyak dimintai oleh mahasiswa Ilmu Pemerintahan UMM. Kursus Bahasa Thailand ini sebagai wadah untuk mengembangkan bakat mahasiswa IP UMM dalam belajar bahasa asing. Ke depannya, akan diadakan kelas baru untuk mewadahi mahasiswa-mahasiswa yang belum sempat mengikuti kursus tersebut di tahap pertama. 

Selain, memberikan wawasan tentang bahasa Thailand, kegiatan ini juga sebagai persiapan bagi para mahasiswa yang akan mengikuti Student Exchange Ke khon Kaen University, Thailand. Sehingga, mereka memiliki bekal bahasa untuk berkomunikasi dengan mahasiswa Thailand selama mereka mengikuti program pertukaran pelajar tersebut. Sungguh pengalaman yang mengesankan.

Shared: