Matangkan Pelaksanaan COE, Prodi IP Gelar Visitasi di Kab. Magetan

Senin, 26 September 2022 01:23 WIB   Program Studi Ilmu Pemerintahan

Malang, 26 September 2022. Sebagai kampus yang berkomitmen untuk menciptakan SDM Unggul, melalui visi Universitas, prodi IP UMM memiliki kelas unggulan yang disebut dengan COE (Centre of Excellence) yaitu Kelas Pemerintahan Desa. Pelaksanaan COE ini telah bekerjasama dengan mitra yaitu empat pemerintah desa di Kab. Magetan. Empat desa tersebut diantaranya, Desa Gonggang, Desa Bedagung, Desa Ngiliran, dan Desa Janggan. Keempat desa ini sebelumnya telah memiliki kerjasama dengan Prodi IP dalam pelaksanaan Tridharman Perguruan Tinggi, termasuk didalamanya adalah pelaksanaan COE ini.

Kerjasama dengan mitra pemerintah desa ini  merupakan salah satu hal penting dan startegis yang harus dilakukan oleh setiap program studi. Apalagi sesuai dengan visi misi prodi yaitu Strenthening Dynamic Governance. Tujuan Pelaksanaan COE pada mitra prodi ini diharapkan mampu berkontribusi langsung dalam penyelesaian masalah desa dan menggali potensi desa untuk kesejahteraan masyarakat.

Dalam pelaksanaan COE ini diikuti oleh 8 mahasiswa semester 5 yang tersebar secara merata di 4 desa diatas. Salah satu proker yang mereka tawarkan kepada pihak desa adalah penggunaan Sinterdesa (Sistem Informasi Terintegrasi Desa). Sinterdesa bertujuan untuk memberikan informasi kepada masyarakat secara luas terkait dengan profil desa, aset desa, jumlah penduduk dan informasi penting lainnya. Menurut Pak Kamil, Kaprodi IP UMM sekaligus penanggung jawab COE mengatakan bahwa pelaksanaan COE ini merupakan kelas rintisan pemerintahan desa yang disediakan kepada mahasiswa yang berminat dan memprogram kelas COE. Mahasiswa ini diharapkan mampu mempelajari secara komprehensif dan setalah mengikuti kelas ini dapat terserap pada bidang yang relevan. 

Shared: