BERITA

AGENDA

PENGUMUMAN

BEASISWA

DOSEN

Dosen Program Studi Ilmu Pemerintahan
 
 
Prof. Dr. Salim Said, MA, MAIA
Lulusan Ohio State University of Amerika ini adalah pakar politik militer Indonesia yang sudah sangat senior dan malang melintang di skala nasional dan internasional. Tulisan-tulisannya di media cetak, jurnal ilmiah, bahkan buku-buku tentang dinamika militer di Indonesia kerap menjadi referensi dikalangan akademis maupun internal militer. Pada tahun 2005 beliau dikukuhkan menjadi Guru Besar Ilmu Pemerintahan UMM Bidang Politik Militer. Dan pada tahun 2007 beliau dipercaya oleh pemerintah untuk menduduki posisi Duta Besar di Republik Chech. 
 
 
 
Prof. M. Mas’ud Said, Ph.D
Guru Besar Bidang Pemerintahan ini merupakan dosen yang produktif dalam mengembangkan ide dan pemikirannya tentang dinamika pemerintahan di Indonesia, hal ini dibuktikan dengan tulisan-tulisannya di media masa, jurnal ilmiah, dan buku-buku yang telah diterbitkan. Selain itu pula beliau aktif sebagai pembicara diberbagai seminar, workshop, dan kegiatan lainnya, baik skala lokal, nasional, maupun internasional. Dalam organisasi profesi, saat ini beliau merupakan salah satu Wakil Ketua Pimpinan Pusat Masyarakat Ilmu Pemerintahan Indonesia (MIPI),
 

Dr. Asep Nurjman, M.Si
Memilih konsentrasi keahlian dalam bidang Ilmu Politik, Partai Politik dan pemilihan umum ini membuatnya produktif sebagai penulis dan pengamat politik. Sebagian pemikirannya dituangkan dalam beberapa tulisan yang diterbitkan dalam buku, jurnal ilmiah dan media cetak regional dan nasional. Saat ini beliau dipercaya sebagai Dekan Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik Universitas Muhammadiyah Malang.
 
 
 
Dr. Tri Sulistyaningsih, M.Si


Doktor dalam bidang Administrasi Publik ini merupakan pribadi yang sangat aktif dan energik. selain mengajar, meneliti merupakan kegiatan yang banyak dilakukannya, terutama persoalan-persoalan yang terkait dengan perubahan sosial dan dinamika pemerinthanan. ketertarikannya dalam hal ini menjadikan ia banyak menuangkan pemikirannya dalam bentuk tulisan yang diterbitkan dalam buku dan jurnal. sebagian dari karyanya antara lain berkaitan dengan kebijakan sektor pertanian, konflik petani dan pemerintah, dan problematika politik perkotaan. selain itu beliau juga aktif dibidang sosial dan keagamaan.
 
 

Dr. Saiman, M.Si
Doktor yang mengambil fokus pada politik perbatasan dikenal sebagai pribadi yang santun dan penuh perhatian terhadap mahasiswa, banyak karya yang telah dihasilkannya baik dalam bentuk hasil riset maupun buku-buku teks sebagai penunjang perkuliahan, saat ini beliau menjadi salah satu dosen program studi ilmu pemerintahan UMM.
 
 
 
Drs. Krishno Hadi, MA.
Dosen kelahiran Pacitan ini, begitu konsen dengan permasalahan pemerintahan daerah., hingga ia kerap kali menjadi fasilitator dalam pelatihan-pelatihan maupun orientasi bagi pemerintahan daerah dan pemerintah desa. Perhatiannya pada persoalan pemerintahan daerah tersebut kemudian dimatangkan dengan melanjutkan studinya pada Program Studi Politik Lokal dan Otonomi Daerah Universitas Gadjah Mada Yogyakarta. Ia kini dipercaya sebagai Kepala Laboratorium Ilmu Pemerintahan UMM.
 
 
 
Drs. Jainuri, M.Si
 
Dosen yang memiliki kepakaran dalam bidang politik lokal ini dikenal sebagai pribadi yang ramah dan dekat dengan mahasiswa. Beliau juga aktif terlibat dalam berbagai kegiatan yang berhubungan dengan kondisi politik di masyarakat. Saat ini beliau menjabat sebagai wakil kepala UPT. P2KK Universitas Muhammadiyah Malang. Kepakarannya dalam bidang politik lokal telah banyak melahirkan berbagai karya, baik buku maupun artikel. Salah satunya berjudul Dinamika Politik Orang Kuat Lokal di Aras Lokal.
 
 
 
H. M. Khoirul Anwar, S.Sos. M.Si
 
Dosen ini sangat dikenal dekat dengan mahasiswa. Alumni Universitas Airlangga Surabaya ini, melanjutkan studi S-2 nya dengan mengambil konsentrasi Manajemen Sumber Daya Manusia. Penelitian yang banyak dilakukannya, terkait dengan bidang SDM dan pelayanan publik. beliau juga pernah menjabat sebagai ketua KPP Provinsi Jawa Timur pada tahun 2005 hingga 2010 dan beliau juga dipercaya sebagai anggota Ombudsman RI pada tahun 2010-2015
 
 
 
Yana S.Hijri, S.IP, M.IP
Dosen ini adalah pribadi yang sangat enerjik dan supel. Beliau lahir di Bandung pada tahun 1979. Pendidikan jenjang Strata Satu ditempuh di jurusan yang sama dengan capaian gelar lulusan terbaik prodi Ilmu Pemerintahan tahun 2002 dengan judul skripsi: “Proses Politik Pembentukan Propinsi Banten”. Haus akan ilmu yang lebih tinggi lagi, kemudian Beliau melanjutkan tingkat pendidikan Strata Dua di Universitas Indonesia dengan mengambil konsentrasi kajian Politik Lokal. Dosen yang aktif melakukan penelitian dan pengabdian masyarakat ini memfokuskan permasalahan atau isu-isu di ranah pemerintahan dan masyarakat. 
 
 
Hevi Kurnia Hardini, S.IP, MA.Gov
 
Dosen yang menjadi lulusan terbaik Program Studi Ilmu Pemerintahan UMM pada tahun 2005 ini dikenal cerdas dan bijaksana. Peraih  program Australia Development Scholarsip di  Master of Asian Governance di Fliders University of South Australia 2012 memiliki mimpi besar untuk menjadikan IP-UMM sebagai program studi yang bertaraf Internasional. Dengan memilih desentralisasi serta kajian politik dan pemerintahan Indonesia sebagai ranah kepakarannya menjadikan beliau beberapa kali menjadi pembicara pada konferensi akademik baik tingkat nasional dan internasional. Lebih dari itu beberapa publikasi tulisanya telah diterbitkan di jurnal terakreditas nasional. Capaian prestasi beliau adalahtercatat sebagai Penerima Hibah Riset MTCC dan John Hopkins Univeristy Baltimore USAdan Penerima Scholarship IVLP Dept. of State USAuntuk program Doktoral.
 
 
Salahudin, S.IP., M.Si., M.P.A

Penulis lahir tahun 1986 di Desa Kendo (sekarang kelurahan) Kota Bima. Sekolah Dasar  ditempuh di SDN Inpres 2 Kempo Dompu yang dikepalai oleh Muchtar AR., (Sosok kepala sekolah yang penulis kagumi hingga saat ini), Sekolah Menengah Pertama (SMP) ditempuh di SMP Negeri 4 Kempo (Sekarang SMP Negeri 2 Manggelewa), Sekolah Menengah Atas ditempuh di SMA Negeri 1 Manggelewa Dompu. Gelar Sarjana diperoleh di Jurusan Ilmu Pemerintahan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Muhammadiyah Malang dengan lulusan terbaik tingkat pertama. Gelar magister diperoleh di Magister Sosiologi Universitas Muhammadiyah Malang.  Ratusan artikel opini telah tersebar diberbagai media masa (cetak dan elektronik). Sekarang penulis sebagai dosen di Jurusan Ilmu Pemerintahan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Muhammadiyah Malang, dan sebagai Direktur Umum  Lembaga Anti Korupsi Pro Otonomi Daerah – Bima Dompu Sumbawa (LAPINDA – BIDOS) NTB.
 
 
Muhammad Kamil, S.IP, MA
Dosen yang enerjik dan terkenal disiplin tinggi ini merupakan alumni program Magister UGM. Bidang ilmu yang menjadi fokus studi masternya adalah Politik Indonesia, dengan fokus pada kajian negara (state) dan masyarakat sipil (civil society). Kini, beliau memfokuskan keilmuannya pada bidang Kajian Politik Kebijakan Lingkungan, Urban Governance, dan studi Politik Pertanahan. Dikenal juga sebagai dosen yang aktif dalam bidang penulisan, riset dan pengabdian kepada masyarakat. Kecintaannya dengan dunia riset dibuktikan dengan menjadi  tim inti berbagai penelitian dan pengabdian dosen senior Prodi IP. Saat ini, beliau menjabat sebagai sekretaris Prodi Ilmu Pemerintahan UMM periode 2018-2021.
 
 
Listiana Asworo, S.IP, MA
Dosen muda yang memiliki background ilmu politik ini menekuni kajian – kajian tentang Politik Keamanan (Security Politics), terlebih pada isu tentang Human Security. Ia juga menaruh perhatian pada persoalan demokrasi dan civil society yang membuatnya mendalami isu tentang social movement dan politics movement. Kecintaannya pada ilmu politik juga dibuktikannya dengan memperdalam studi tentang Kebijakan Publik. Tesisnya tentang collaborative governance menjadi bukti bahwa kebijakan publik (state) adalah persoalan politik. Prestasi beliau salah satunya adalahmendapatkan predikat lulus ‘dengan pujian’ dari Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta, untuk program sarjana dan master. Beliau juga aktif sebagai researcher dalam penelitian-penelitian jurusan.
 
 
Achmad Apriyanto, S.IP, M.Si

Dosen kelahiran Pamekasan-Madura ini merupakan alumni dan lulusan terbaik Prodi Ilmu Pemerintahan FISIP-UMM. Sejak menjadi mahasiswa, beliau tercatat sebagai mahasiswa berprestasi. Ditunjukkan dengan keikutsertaannya dalam berbagai penelitian dosen senior Prodi IP. Setelah lulus jenjang strata 1, beliau mengambilprogram S2 di almamater yang sama dengan mengambil konsentrasi Sosiologi Politik. Kecintaannya pada dunia riset ditunjukkan dengan menjadi tim penggagas penelitian-penelitian dosen senior Prodi IP. Dosen yang terkenal humoris ini menaruh minat dalam kajian dinamika politik lokal.

 
Iradhad Taqwa Sihidi, S.IP, MA
Dosen Muda lulusan Magister Politik dan Pemerintahan UGM ini menggeluti kajian politik kontemporer dan persoalan Hak Asasi Manusia (HAM). Dosen Kelahiran Muna Barat Sulawesi Tenggara ini juga beberapa kali menuangkan ide dan gagasan pada persoalan sosial politik dalam bentuk tulisan di Media Masa, jurnal, dan Buku. Selain itu, prestasi yang tidak kalah unggul dari beliau adalah tercatat sebagai atlit sepak bola kebanggaan UMM. Berbagai kejuaraan dan liga telah berhasil beliau capai. Kini, selain menjadi dosen di Prodi IP, beliau adalah pelatih tim sepak bola UMM yang banyak menjuarai berbagai liga.
Shared:

PENGUMUMAN

dasdas

Seminar Nasional " Mengawal PILKADA Untuk Pembangunan Daerah"

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipisicing elit, sed do eiusmod

26 April 2018

dasdas

Kuliah Tamu Prodi Ilmu Pemerintahan

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipisicing elit, sed do eiusmod

01 Maret 2018

dasdas

PENGUMUMAN PENDAFTARAN DAN BIAYA KULIAH

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipisicing elit, sed do eiusmod

07 Juni 2010

dasdas

PENDAFTARAN MAHASISWA BARU

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipisicing elit, sed do eiusmod

06 April 2010

dasdas

Pelaksanaan Kuliah Semester Sela

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipisicing elit, sed do eiusmod

15 Januari 2010