Workshop International Curriculums, International Accreditation & Launching Double Degree Programs UMY

Senin, 12 Agustus 2019 13:41 WIB   Program Studi Ilmu Pemerintahan

Workshop International Curriculums, International Accreditation & Launching Double Degree Programs UMY

Wakil Dekan I Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik UMM Dr. Dyah Estu Kurniawati, S.Sos., M.Si dan Ketua Prodi Ilmu Pemerintahan Muhammad Kamil, S.IP.,MA turut berpartisipasi dalam kegiatan  Workshop International Curriculums, International Accreditation & Launching Double Degree Programs yang diselenggarakan oleh Program Studi Magister Ilmu Pemerintahan (MIP)Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) pada tanggal 05 April 2019 bertempat di Gedung KH Ibrahim E6 lantai 5 Kampus Terpadu Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

Kegiatan ini merupakah salah satu langkah untuk meningkatkan internasionalisasi program studi maupun universitas. Internasionalisasi Prodi MIP salah satunya dilakukan dengan cara launcing program Double Degree MIP. Program Double Degree ini digagas agar mahasiswa dapat merasakan pengalaman belajar di luar negeri selama 1 tahun. Program ini bekerjasama dengan Asia Pasifik Society for Public Affair (APSPA), Academics Thammasat University Thailand, Universitas Utara Malaysia, Universitas Putra Malaysia, Asia University Taiwan, Khon Kaen University dan universitas luar negeri lainnya. Internasionalisasi prodi ini dilakukan dengan tujuan untuk meningkatkan perkembangan bangsa Indonesia. Karena internasionalisasi bukan hanya dapat dilakukan dalam dunia pemerintahan, sosial, ekonomi dan budaya, tetapi juga dapat dilakukan melalui sektor pendidikan, sebab pendidikan merupakan salah satu unsur penting untuk membangun sumber daya manusia yang berkualitas dan berkompeten bagi pembangunan bangsa.

Hal ini serupa dengan apa yang disampaikan oleh Purwanto Subroto selaku Kasubdit Kerjasama Perguruan Tinggi Direktorat Pembinaan Kelembagaan Perguruan Tinggi Ditjen Kelembagaan IPTEK DIKTI bahwasanya memperkuat hubungan internasionalisasi itu penting termasuk internasionalisasi di sektor pendidikan sehingga bangsa Indonesia mampu bersaing dan bertahan menghadapi tantangan di kancah Internasional.

Shared: