Tim PKM Prodi IP UMM Ikuti Kegiatan Monev PKM 5 Bidang

Senin, 15 Juli 2019 13:47 WIB   Program Studi Ilmu Pemerintahan

Tim PKM Prodi IP UMM Ikuti Kegiatan Monev PKM 5 Bidang

Tim PKM dari Program Studi Ilmu Pemerintahan yang mendapat dana hibah dari Kemenristekdikti beserta 37 Tim lainnya yang mewakili Universitas Muhammadiyah Malang ikut serta dalam kegiatan monitoring dan evaluasi  (monev) Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) 5 Bidang Tahun 2019 yang diselenggarakan di Aula Gedung Kuliah Bersama (GKB) 4 Lantai 9 UMM (Jum’at, 12/07/2019). Kegiatan monev ini dilaksanakan dalam rangka menentukan tim mana yang akan lolos ke tahapan selanjutnya yaitu Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS) ke-32 yang akan diselenggarakan di Universitas Udayana Bali pada Agustus yang akan datang.

Dengan didampingi oleh Bapak Ach. Apriyanto Romadhan, S.IP., M.Si selaku dosen pendamping kegiatan, Tim PKM dari Prodi IP UMM mempresentasikan laporan kemajuan dari program kegiatan pengabdian yang mereka laksanakan dengan judul “Transformasi ODS (Orang Dengan Skizofrenia) Melalui Keterampilan Beternak Ayam di Kelurahan Bandungrejo”. “Program ini kami bentuk sebagai alternatif solusi terhadap permasalahan yang terjadi di lapangan, yaitu masih banyaknya stigma negatif masyarakat terhadap ODS sehingga membatasi mereka dalam memperoleh pekerjaan. Sebelumnya mereka juga sudah pernah berwirausaha sendiri dengan cara beternak ayam. Namun karena kurangnya keterampilan dan pengetahuan dalam beternak ayam sehingga usaha yang mereka lakukan selalu gagal karena ayam yang diternak banyak yang mati sebelum masa produksi. Berangkat dari permasalahan tersebut, maka kami memberikan pelatihan yang tujuannya bukan hanya meningkatkan keterampilan ODS dalam beternak tetapi juga dapat dijadikan sebagai sumber penghasilan di masa yang akan datang, sehingga ODS mampu mandiri dalam hal ekonomi, serta tidak lagi bergantung terhadap orang lain”, ujar Aulia selaku ketua tim PKM IP UMM.

Setelah presentasi, tim melakukan sesi tanya jawab dengan tim reviewer dari Dirjen Belmawa Kemenristekdikti yaitu Dr.rer.nat I Wayan Karyasa, M.Sc dan Dra. Titiana Iriwani, M.Sn. “Alhamdulillah kami bisa menjawab seluruh pertanyaan dari reviewer serta diberikan masukan terkait dengan luaran program. Kami juga berharap diberikan hasil yang terbaik dan bisa melanjutkan ke tahap selanjutnya yaitu PIMNAS, sehingga kami bisa membanggakan Prodi IP dan juga kampus UMM tercinta”, ujarnya.

Shared: