Prodi IP UMM Gelar Seminar Pelayanan Publik sebagai Upaya untuk Meningkatkan Kualitas Pelayanan Publik

Sabtu, 15 Juni 2019 08:09 WIB   Program Studi Ilmu Pemerintahan

 

Prodi IP UMM Gelar Seminar Pelayanan Publik sebagai Upaya untuk Meningkatkan Kualitas Pelayanan Publik

Kamis bertepatan dengan tanggal 25 April 2019, Program Studi Ilmu Pemerintahan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Muhammadiyah Malang menyelenggarakan Seminar Pelayanan Publik dengan mengusung tema “Tantangan Pelayanan Publik di Era Revolusi 4.0” yang bertempat di Aula GKB IV lantai 9. Hadir sebagai pembicara yaitu Drs. Agus Purwanto, M.Kes yang juga sekaligus menjabat sebagai Lurah Purwodadi Kota Malang dan Dr. Tri Sulistyaningsih, M. Si selaku dosen Prodi Ilmu Pemerintahan UMM.

Melalui materi tentang Peningkatan Pelayanan Sektor Publik Menuju Reinventing Government dan Good Government di Era Revolusi Industri 4.0, Dr. Agus mengatakan bahwa dewasa ini masyarakat tidak lagi membutuhkan sistem layanan manual yang terkesan berbelit-belit sehingga seringkali tidak efektif dan tidak efisien. Seiring dimulainya era revolusi industri 4.0 yang mengandalkan pada teknologi digital, maka pemerintah ditantang untuk mampu menyediakan sistem layanan yang lebih inovatif dengan tujuan utama untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik. Sedangkan Dr. Tri Sulistyaningsih melalui materi tentang Tantangan Pelayanan Publik di Era Revolusi Industri 4.0 menyampaikan bahwa ada tiga gejala utama dalam pelayanan publik yaitu rendahnya kualitas pelayanan, birokrasi yang panjang dan tumpang tindih tugas dan kewenangan serta rendahnya pengawasan eksternal masyarakat terhadap pelayanan publik itu sendiri. Oleh karena itu, perbaikan kualitas pelayanan publik bukan hanya menjadi tanggungjawab aparatur pemerintah tetapi juga oleh seluruh lapisan masyarakat.

Kegiatan seminar ini dibuka secara langsung oleh Dekan FISIP UMM yaitu Dr. Rinikso Kartono, M.Si. dalam sambutannya beliau menyampaikan bahwa mahasiswa merupakan penerus sekaligus sebagai pionir perubahan, harapannya di masa yang akan mahasiswa dapat menjadi pemimpin maupun birokrat yang dapat menciptakan sistem layanan publik yang lebih baik, kreatif dan inovatif.

 

Shared: