Tanggapan Dosen Prodi IP UMM Tentang Pengaruh Sosial Media Terhadap Preferensi Pemilih Muda

Sabtu, 02 September 2023 20:49 WIB   Program Studi Ilmu Pemerintahan

Malang, 2 September 2023. Pesatnya pengaruh sosial media dapat mempengaruhi perilaku seseorang, termasuk kaitannya dengan aspek komunikasi politik menuju Pemilu 2024 mendatang. Fenomena ini menarik perhatian salah satu dosen Prodi Ilmu Pemerintahan UMM, yakni Prof. Dr. Asep Nurjaman, M.Si. Beliau menyampaikan bahwa sosial media sangat mempengaruhi preferensi pemilu bagi para pemilih muda atau young voters.

Mahasiswa atau pemuda merupakan generasi yang sangat in touch dengan teknologi dan bisa disebut dengan young voters. Mereka biasa mencari suatu berita melalui sosial media. Oleh karena itu, semakin viral seseorang maka akan semakin terkenal, termasuk calon presiden Republik Indonesia,” ungkap Prof Asep.

Beliau juga menyampaikan bahwa, intensifitas para pemuda dalam penggunaan sosial media dapat menggiring preferensinya kepada calon tertentu. Maka dalam pemilu 2024 pun, dalam konteks ini pemuda mungkin akan sangat terdampak dari pengaruh sosial media.

“Dengan demikian para pemuda diharapkan dapat memberi kontribusi positif dengan mencari alternatif presiden yang bisa membangun bangsa dan negara tanpa memfokuskan pada popularitas dari seorang calon presiden tersebut,” ujar Prof Asep.

Terkait maraknya fenomena money politics yang tidak menutup kemungkinan bisa saja terjadi pada Pemilu 2024 mendatang, Bapak Asep menyampaikan bahwa pemuda perlu turut andil dalam mengedukasi masyarakat agar tidak mudah terpengaruh dengan hal-hal yang buruk dan berbau kecurangan.

“Masalah pada pemilu 2024 ini adalah maraknya money politics, dengan demikian maka pemuda perlu berkontribusi positif, terkait bagaimana mencegah dan memberikan contoh terbaik agar bangsa ini terhindar dari money politics dengan cara memberikan sosialisasi dan mengedukasi masyarakat agar pemilu 2024 menjadi pemilu yang demokratis, fair dan bebas dari money politics,” pungkas Prof Asep. (van/roz)

Shared: