Sosialisasi RW Mandiri Sampah di Desa Beji dan Sosialisasi Pembayaran PBB dengan Sampah Gelombang II di Desa Sumber Brantas

Kamis, 18 Juli 2019 10:53 WIB   Program Studi Ilmu Pemerintahan

Sosialisasi RW Mandiri Sampah di Desa Beji dan Sosialisasi Pembayaran PBB dengan Sampah Gelombang II di Desa Sumber Brantas

Dua mahasiswi IP UMM yang sedang melaksanakan program magang riset pemerintahan di Dinas Lingkungan Hidup Kota Batu yakni Dinda Widya Lestari dan Dyaz Putri Primasari saat ini tengah disibukkan dengan berbagai macam kegiatan. Tanggal 04 Juli 2019 yang lalu, mahasiswi yang akrab disapa Dinda ini turut serta dalam kegiatan sosialisasi pembayaran pajak bumi dan bangunan (PBB) di Desa Sumber Brantas Kecamatan Bumiaji Kota Batu.

Pembayaran Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) menggunakan sampah dilakukan dengan cara jemput bola yaitu mendatangi secara langsung seluruh desa dan kelurahan yang ada di Kota Batu sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan yakni sejak tanggal 1 hingga 31 Juli 2019. Desa Sumber Brantas merupakan sebuah desa yang terletak paling ujung sehingga sedikit menghambat proses penyebaran informasi, akibatnya masih banyak masyarakat yang belum mengetahui informasi terkait dengan kegiatan ini. Oleh karena itu, maka diadakan sosialisasi kepada masyarakat mengenai pembayaran PBB dengan sampah seperti sampah plastik, botol, dan kertas untuk digunakan dalam pembayaran PBB. Dengan adanya sosialisasi ini, harapannya masyarakat Desa Sumber Brantas dapat merealisasikannya di tahun yang akan datang. 

Di samping kegiatan sosialisasi pembayaran PBB dengan sampah, mereka juga berpartisipasi dalam sosialisasi RW mandiri sampah di Desa Beji. Kamis tanggal 11 Juli 2019, juga diselenggarakan sosialisasi RW mandiri sampah sekaligus implementasi program kebijakan pengurangan sampah yang bertempat di Balai Desa Beji. Kegiatan ini menghadirkan dua orang narasumber yakni Bapak Agus Trisnobuwono, S,Hut selaku Kepala Bidang Kebersihan dan Pertamanan dan Eni Maulidiyah, ST., M.Si selaku Staf Pembinaan Persampahan dan Pengelolaan Limbah B3. Ibu Eni mengatakan bahwa kebijakan strategis pengelolaan sampah dapat dilakukan dengan berbagai macam cara, mulai dari pemilahan sampah dari rumah, pembangunan TPS 3R, pembentukan RW mandiri sampah, pembuangan dan pengelolaan pospak (popok sekali pakai), pembayaran PBB dengan sampah anorganik, serta melalui program  ojek online sampah plastik (ojoplast). Melalui kegiatan-kegiatan ini, harapannya terjadi pengurangan timbunan sampah terutama di wilayah-wilayah yang ada di Kota Batu sehingga tercipta lingkungan yang lebih lestari dan bebas dari sampah.

Shared: