Prodi IP UMM Gelar Workshop Pendampingan Finalisasi Dokumen SER dan Appendices

Jum'at, 01 Desember 2023 09:25 WIB   Program Studi Ilmu Pemerintahan

Malang, 28 November 2023. Program Studi Ilmu Pemerintahan UMM menyelenggarakan Workshop terkait pendampingan Finalisasi Dokumen Self Evoluation Report dan Appendices Tahun 2023. Workshop tersebut dilaksanakan di Aula Lantai 1 Rayz Hotel Malang. Dalam kegiatan ini diikuti oleh Program Studi Ilmu Pemerintahan, Agribisnis dan Bahasa Inggris.

Dalam workshop ini menghadirkan Prof. Erlia Narulita. Ph. D selaku narasumber, fokus materi yang dibahas dalam workshop ini adalah terkait dengan Appendices dan kurikulum OBE. Dalam worksop tersebut juga dijelaskan terkait tingkatan implementasi OBE, selain itu jika sudah OBE maka 1 sub CPMK 1x pertemuan dan tidak dilakukan berulang-ulang.“Dalam kurikulum OBE, analisis penilaiannya melalui laporan, memberikan solusi serta adanya pengkuran capaian pembelajaran. Jika OBE maka semua mahasiswa sudah harus lulus dan jika ada yang tidak lulus maka dilaksanakan remidial kecuali bagi mahasiswa yang tidak pernah masuk. Remidial juga seharusnya dilaksanakan pada saat setelah memberikan penugasan. Beberapa sub CPMK dapat dilakukan dalam 1x penilaian. Yang tidak boleh adalah 1 sub CPMK yang dilaksanakan berulang kali.” menurut Prof. Erlia Narulita. Ph. D.

Selain itu Prof. Erlia Narulita. Ph. D. menjelaskan bahwa setiap CPL harus terdapat Passing Grade (boleh memakai passing grade yang sama untuk semua CPL, boleh di pukul rata) menentukan passing grade bisa dilihat berdasarkan 3 tahun terakhir nilai mahasiswa agar tidak memperoleh nilai yang jauh dibawah passing grade. Serta, di setiap semester dilakukan evaluasi CPL. Jika sudah melaksanakan evaluasi, maka telah melaksanakan kurikulum OBE.

Shared: