Penilaian Kampung Bersinar Bersama Dinas Lingkungan Hidup Kota Malang

Kamis, 18 Juli 2019 10:49 WIB   Program Studi Ilmu Pemerintahan

Penilaian Kampung Bersinar Bersama Dinas Lingkungan Hidup Kota Malang

3 sekawan yakni Rifam Aryanto Ismail, Rakhmad Wahyudi dan Shintya Dwi Oktorini yang saat ini melaksanakan program magang riset pemerintahan di Dinas Lingkungan Hidup Kota Malang turut serta dalam kegiatan penilaian kampung bersinar di Kota Malang. Kampung Bersinar merupakan salah satu program yang digagas oleh Dinas Lingkungan Hidup Kota Malang dengan tujuan untuk menciptakan kawasan-kawasan binaan atau komunitas unggul dalam pelestarian lingkungan dan pemberdayaan sosial ekonomi masyarakat. Adapun beberapa aspek yang menjadi poin penilaian dalam kegiatan ini yaitu aspek lingkungan (penghijauan), sarana prasarana serta inovasi yang dimiliki oleh masing-masing wilayah.

Di Kelurahan Arjowinangun, masyarakat setempat saling bekerjasama dan bahu-membahu melakukan penghijauan dan menanam beberapa toga (tanaman obat keluarga). Di samping itu, masyarakat Arjowinangun juga membuat berbagai macam kerajinan. Kerajinan ini tidak terbatas seperti tas, kipas maupun bakul belanja saja, tetapi juga ada yang berbentuk pesawat yang dibuat dari bahan sterofom bekas dan dilengkapi dengan remote sebagai alat kendali. Hasil kerajinan ini bukan hanya dapat mengurangi pencemaran lingkungan, tetapi juga dapat diperjualbelikan sehingga dapat meningkatkan perekonomian masyarakat.

Kelurahan Tlogomas dan Kelurahan Merjosari juga turut menjadi peserta Lomba Kampung Berseri. Yang menarik adalah masyarakat di sini juga membuat vertikal garden yang fungsinya bukan hanya untuk menanam toga, namun juga untuk berkebun sayur-sayuran. Hasil dari vertikal garden ini biasanya tidak di jual, tetapi akan diolah dan disajikan ketika ada kegiatan atau acara kelurahan sehingga biaya konsumsi yang dikeluarkan saat acara juga dapat dioptimalkan. Melalui kegiatan Kampung Berseri, setiap kelurahan yang ada di Kota Malang diharapkan dapat terus menjaga lingkungannya serta melakukan inovasi-inovasi yang kreatif, bukan hanya dalam rangka penilaian Kampung Berseri saja.

Shared: