Pembelajaran Kelas Center Of Excellent Prodi IP UMM Menghadirkan Praktisi Desa

Selasa, 21 Maret 2023 23:53 WIB   Program Studi Ilmu Pemerintahan

Malang, 21 maret 2023. Prodi Ilmu Pemerintahan UMM kembali melakukan gelaran Kuliah Tamu dalam program Center of Excellent (CoE) atau kelas unggulan Analis Pemerintahan dan Politik. Pada kuliah tamu kali ini, Prodi Ilmu Pemerintahan menghadirkan Kepala Desa Junrejo Bapak Suliono yang kemudian digantikan oleh Sekretaris Desa Mbak Maharani.

Pada kesempatan kuliah tamu tersebut, mahasiswa diberi wawasan baru dengan tema pembelajaran “Dinamika Politik dalam Perencanaan Pembangunan Pemerintahan Desa”. Mbak Maharani selaku pemateri dan pengajar menciptakan kondisi perkuliahan yang menyenangkan dengan wawasan baru tentang dinamika-dinamika yang terjadi di Desa. Tidak hanya itu, mahasiswa juga diberikan kesempatan bertanya agar pembelajaran lebih aktif dan menyenangkan Mbak Maharani juga melontarkan pertanyaan-pertanyaan kritis kepada mahasiswa agar kelas menjadi lebih panas dan menarik.

Selain pada perkuliahan yang mengacu pada tema-tema unggulan, terdapat sharing session dari pemateri selama berkecimpung di Pemerintahan Desa yang saling berkaitan dengan tema perkuliahan. Hal ini mendapat respon positif dari mahasiswa, dikarenakan model pembelajaran tidak hanya berupa teori tetapi juga based on experience dari pemateri dan dinamika yang terjadi di Desa Junrejo Kota Batu. Selain model pembelajaran menyenangkan yang dirasakan mahasiswa. Mahasiswa juga diminta untuk berpikir lebih jauh mengenai hal-hal yang terjadi didalam pemerintahan desa, yang kemudian menjadi sesi Tanya jawab sekaligus mengasah pemikiran mahasiswa.

Adanya kelas Center of Excellent (CoE) Pemerintahan Desa yang diadakan oleh Prodi Ilmu Pemerintahan UMM, diharapkan mampu mengasah pemikiran mahasiswa serta bisa mendapatkan pengetahuan baru dari pemateri-pemateri yang mengisi kuliah tamu tersebut.

Shared: