Menjadi Pioneer, Prodi IP Siap Garap Desa Wisata Di Kecamatan Donomulyo Kabupaten Malang

Jum'at, 05 April 2019 20:22 WIB   Program Studi Ilmu Pemerintahan

Menjadi Pioneer, Prodi IP Siap Garap Desa Wisata Di Kecamatan Donomulyo Kabupaten Malang

Sudah menjadi kewajiban jika Perguruan Tinggi melakukan pengabdian kepada masyarakat sekitar. Perguruan Tinggi diminta untuk peduli dan responsif terhadap problem yang ada di masyarakat. Tugas ini tertuang dalam Tri Dharma Perguruan Tinggi. Untuk itu Prodi IP FISIP UMM menggandeng pihak Kecamatan Donomulyo dalam upaya pengembangan potensi wisata yang ada di Desa Kedung Salam. 

Pengabdian tersebut diwujudkan melalui kerjasama dan penandatangan MOU antara Prodi Ilmu Pemerintahan yang langsung dipimpin oleh Kaprodi IP, Muhammad Kamil, S.IP, MA, dengan Bapak Taufik Nurohman, S.STP, MA selaku Sekertaris Camat Donomulyo. Penandatangan tersebut dilaksanakan pada Kamis (21/3) lalu, di Kantor Kecamatan Donomulyo.  

Sebagai bentuk komitmen, Muhammad Kamil mengatakan akan melakukan pengembangan desa wisata di desa Kedung Salam dengan  membuat kerjasama atau kolaborasi dengan berbagai pelaku wisata termasuk dengan masyarakat setempat.  “Sebagai  perguruan tinggi yang memiliki kewajiban menjalankan tugas Tri Dharma Perguruan Tinggi, prodi Ilmu Pemerintahan dituntut untuk bisa menjawab tantangan yang dihadapi masyarakat sebagai wujud sinergitas antara perguruan tinggi dan pemerintah” ujarnya.

Menariknya, kegiatan pengabdian ini akan ditindaklanjuti juga melalui Kuliah Lapang dimana mahasiswa akan diajak untuk terlibat dalam pengembangan desa wisata di Desa Kedung Salam. Wujud komitmennya adalah dengan  penandatanganan MoU yang dihadiri oleh berbagai stake holders mulai dari pemerintah, swasta dan akedemisi. 

Dengan adanya kerjasama yang dimulai dengan membuat kesepakatan kedua belah pihak, Prodi IP siap menjadi pioneer dalam mewujudkan masyarakat yang berdaya dan mandiri melalui pengembangan potensi daerah serta dukungan dari pemerintah daerah yang responsif.***

Shared: