Meningkatkan Kompetensi Generasi Muda melalui Pelatihan Aplikasi Jurnalis Positif (AJP)

Kamis, 18 Juli 2019 10:42 WIB   Program Studi Ilmu Pemerintahan

Meningkatkan Kompetensi Generasi Muda melalui Pelatihan Aplikasi Jurnalis Positif (AJP)

Kegiatan Pelatihan Aplikasi Jurnalis Positif (AJP) merupakan salah satu rangkaian kegiatan yang dilaksanakan oleh Kecamatan Bumiaji dalam rangka menuju Even Besar yaitu Bulan Berkunjung Bumiaji yang akan dilaksanakan pada Juli ini. Pelatihan ini juga merupakan bentuk keseriusan Pemerintah Kecamatan untuk mendapatkan hasil yang maksimal dalam pelaksanaan kegiatan, baik dari segi informasi maupun jurnalistik yang nantinya akan dipublikasikan kepada masyarakat luas dalam rangka promosi paket wisata desa yang ada di Kecamatan Bumiaji. Pelatihan ini dilaksanakan pada hari Sabtu 6 Juli 2019 dan turut mengundang nara sumber dari Times Indonesia untuk memberikan pelatihan penulisan serta fotografi.

Pelatihan ini dihadiri oleh Kelompok Sadar Wisata (POKDARWIS) dari 9 Desa yang ada di Kecamatan Bumiaji, kelompok informasi masyarakat, karang taruna dan juga mengundang Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) dari Universitas Gajahmada Yogyakarta yang saat ini tengah melaksanakan program KKN di Desa Bumiaji serta dua orang mahasiswa IP UMM yang saat ini tengah melaksanakan magang di Kecamatan Bumiaji yaitu Nugroho Putro Dedi Purwanto dan Alfi Azhari Hanum juga turut menjadi peserta dalam kegiatan tersebut.Kegiatan ini memberikan dampak positif kepada peserta tentang dunia jurnalistik dan tentunya bagi beberapa pihak yang memiliki otoritas dalam pengembangan kompetensi di desa masing-masing.

Dunia informasi pada saat ini menjadi aspek yang sangat penting, terutama bagi generasi muda. Oleh karena itu, sudah suatu keharusan bagi generasi muda untuk memiliki kompetensi, baik dalam dunia informasi, jurnalistik maupun fotografi sehingga dapat menyampaikan informasi yang baik dan dengan cara yang dapat menarik minat masyarakat. Jika dikaitkan dengan pengembangan wisata maka harapannya wisata-wisata yang ada di desa dapat dikonsep menjadi sebuah berita yang kreatif sehingga banyak masyarakat yang tertarik untuk berkunjung dan untuk mengembangkan wisata tersebut. Ditambah dengan adanya fasilitas yang diberikan oleh Times Indonesia berupa user dan password akun, sehingga mempermudah publikasi tulisan. 

Shared: