Mengkaji Efektivitas Kebijakan Pemerintah Melalui Forum Debate’s Community

Minggu, 01 Oktober 2023 20:55 WIB   Program Studi Ilmu Pemerintahan

Malang, 28 September 2023. Dalam rangka merawat nalar kritis mahasiswa, Himpunan Mahasiswa Ilmu Pemerintahan (HIMAP) menyelenggarakan kegiatan diskusi bertajuk Debate’s Community. Kegiatan diskusi ini diikuti oleh mahasiswa angkatan 2022 dan dibimbing secara langsung oleh dosen Ilmu Pemerintahan UMM, yakni Bapak Ach. Apriyanto Romadhan, S.IP., M.Si.

Adapun yang bertindak sebagai pemantik diskusi yakni Muh Januar Galang Rivaldan, salah satu mahasiswa dari angkatan 2020. Tema yang dibahas dalam diskusi kali ini berjudul “Program Sekolah Lansia Tangguh, Seberapa Efektifkah?”. Tema tersebut sesuai dengan fokus kajian tentang kebijakan pemerintah yang diteliti oleh pemantik.

Pertemuan yang mengkaji tentang efektivitas dari program sekolah lansia tangguh tersebut, berupa kegiatan diskusi dan komunikasi dua arah antara pemantik dan audiens. Dalam forum tersebut, pemantik menyampaikan argumentasi yang kemudian akan didiskusikan.

“Pemerintah terlalu menggeneralisir kebijakan sehingga program-program yang berjalan di setiap daerah hasilnya tidak maksimal, seperti hal-nya program sekolah lansia tangguh. Pada daerah satu berhasil, tapi daerah lain ada yang tidak berhasil, ini karena masing-masing daerah memiliki karakteristik yang berbeda dan tentunya akan mempengaruhi hasil dari program itu sendiri,” ungkap pemantik.

Melalui kegiatan diskusi ini, terbangun argumentasi kritis berupa hipotesis dari mahasiswa yang menilai kurang efektivnya kebijakan sekolah lansia tangguh. Bahwasannya, muncul anggapan jika program lansia tangguh menjadi bentuk eksploitasi kepada lansia yang diselimuti dengan istilah “pemberdayaan“. Selain itu, dalam implementasinya kebijakan program sekolah lansia tangguh di berbagai daerah di Indonesia ini, ternyata masih belum mendapatkan akses anggaran dari pemerintah, bahkan ada yang membayarkan iuran setiap bulannya. (van/roz)

Shared: