Masa Khidmat Baru, IP UMM Semakin Optimis terus Berkemajuan

Senin, 06 Desember 2021 04:45 WIB   Program Studi Ilmu Pemerintahan

Muhammad Kamil dan Ach. Apriyanto, Ketua dan Sekretaris Prodi IP 2021-2025

Sabtu, 4 Desember 2021 bertepat di Ruang Sidang Dosen Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu politik (611)  Universitas Muhammadiyah Malang (UMM), dilakukan Pelantikan Ketua dan Sekretaris Program Studi Ilmu Pemerintahan masa khidmat 2021-2025. Adapun secara sah dan resmi keduanya adalah Muhammad Kamil, S,IP.,MA ( Kaprodi) dan Achmad Apriyanto, S.IP.M.Si ( Sekretaris Prodi) yang sebetulnya melanjutkan amanah masa khidmat 2018-2021.

Di periode pertama, dibawah kepemimpinan keduanya segudang prestasi akademik dan non akademik telah diraih oleh Program Studi Ilmu Pemerintahan UMM. Puncaknya tentu saja Akreditasi Unggul yang merupakan peringkat terbaikdan tertinggiyang diperoleh Program Studi dari BANPT (Badan Akreditasi Nasional perguruan tinggi). Status ini menunjukan bahwa prodi IP UMM memiliki jaminan mutu akademik dan non akademik yang sangat baik.

Di periode kedua ini ada beberapa fokus utama program strategis yang akan dilaksanakan oleh IP. Pertama, recognisi internasional melalui akreditasi Foundation for International Business Administration Accreditation (FIBAA) yang ditargetkan dapat diraih pada tahun 2022. FIBAA merupakan lembaga akreditasi internasional yang terdaftar di Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia dan  berorientasi internasional untuk penjaminan dan pengembangan kualitas dalam pendidikan tinggi.

Kedua, implementasi  dari Centre of Excellence (CoE). Sebagai bagian dari implementasi Kampus merdeka, program ini bertujuan memberikan bekal keilmuan serta praktik dalam bidang pemerintahan dan politik, mampu berfikir logis, kritis, sistematis, serta inovatif, mampu memetakan dan menganalisisserta memberikan solusi permasalahan bidang pemerintahan berbasis AI, dan mengkomunikasikan kepada pihak terkait serta bertanggungjawab terhadap hasil analisis/solusi secara etik dan ilmiah.

Ketiga, Pengembangan program Merdeka Belajar Kampus Merdeka.Program ini merupakan bagian dari Kampus merdekayangmemberikan kesempatan kepada para mahasiswa untuk belajar selama tiga semester di luar program studi. Sampai sejauh ini di IP telah terlaksana satu (1) skema yakni pertukaran pelajar dan empat (4)skema lainya yakni Magang/praktek kerja, Penelitian/Riset, Proyek Kemanusiaan dan Studi/Proyek Independen direncanakan akan dilaksanakan pada Maret 2022. Kegiatan ini juga sangat selaras dengan Program UMM Pasti yakni Pasti Lulus 4(empat)Tahun, Pasti Bekerja dan Pasti Mandiri

Muhammad Kamil, S.IP., MA menegaskan optimisnya semua target tersebut dapat terealisasi dengan baik. IP memiliki budaya kerja yang penuh dengan kekeluargaan, egaliter dan tentu saja kolaborasi dari semua dosen. Itulah sebabnya semua tugas seberat apapun dikerjakan dengan ikhlas dan sepenuh hati sehingga IP memiliki segudang prestasi khususnya akreditasi Unggul. “Kami paham tantangan di periode kedua ini semakin berat khususnya berkaitan dengan Internasionalisasi Prodi, CoE dan MBKM. Amanah ini kami jalankan dengan penuh tanggungjawab demi kemajuan Prodi IP dan UMM Malang. Sesegara mungkin Prodi IP akan melakukan konsolidasi internal untuk menyusun langkah-langkah taktis dan terukur agar semua target tersebut dapat terwujud. Dengan kerjasama dan dedikasi semua dosen IP, kami sangat yakni Insha Allah semuanya akan terealisasi dan IP semakin berkemajuan,” tutup Kamil.   

Shared: