Mahasiswa Prodi IP UMM Kaji Nilai-Nilai Pancasila: Antara Tekstual dan Kontekstual

Jum'at, 27 Oktober 2023 03:26 WIB   Program Studi Ilmu Pemerintahan

Malang, 26 Oktober 2023. Himpunan Mahasiswa Ilmu Pemerintahan (HIMAP) UMM kembali selenggarakan kegiatan diskusi melalui forum Debate’s Community pada minggu ke-lima. Kegiatan yang rutin dilaksanakan setiap satu minggu sekali ini, dilakukan dalam rangka merawat nalar kritis mahasiswa. Kegiatan diskusi diikuti oleh mahasiswa Ilmu Pemerintahan angkatan 2022 dan 2023, serta dibimbing secara langsung oleh dosen, yakni Bapak Ach. Apriyanto Romadhan, S.IP., M.Si.

Adapun yang bertindak sebagai pemantik diskusi yakni kelompok presenter dari angakatan 2022 yang berjumlah delapan orang. Tema yang dibahas dalam diskusi kali ini berjudul “Pancasila: Antara Teks dan Konteks”. Tema tersebut berkaitan betapa pentingnya pengamalan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

Pertemuan yang mengkaji tentang dasar negara tersebut, berupa kegiatan diskusi dan komunikasi dua arah antara pemantik dan audiens. Dalam forum tersebut, pemantik menyampaikan materi dan argumentasi yang kemudian akan didiskusikan.

“Penerapan pancasila dalam teks telah memiliki wujud berupa naskah yang dapat dibaca dan dijadikan pedoman. Sedangkan, penerapan prinsip pancasila dalam konteks itu dapat di implementasikan dalam kehidupan. Contohnya oleh Ir. Soekarno, dimana ia menyatakan bahwa dirinya bukan pencipta tetapi penggali, karena untuk mengambil intisari berbagai nilai yang hidup dalam masyarakat, Soekarno melakukan dialog reflektif-kritis. Nilai-nilai tersebut tercantum dalam sila-sila pancasila yaitu ketuhanan, kemanusiaan, persatuan, kerakyatan dan kesejahteraan sosial,” ungkap pemantik.

Melalui diskusi ini terbangun argumentasi dari mahasiswa, bahwasannya di era sekarang kita tengah menghadapi berbagai tantangan dalam menghadapi nilai-nilai Pancasila sebagai prinsip dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. (van/roz)

Shared: