Mahasiswa Prodi IP UMM Kaji Kebijakan TikTok Shop Melalui Forum Debate’s Community

Rabu, 11 Oktober 2023 17:30 WIB   Program Studi Ilmu Pemerintahan

Malang, 11 Oktober 2023. Himpunan Mahasiswa Ilmu Pemerintahan (HIMAP) UMM kembali menyelenggarakan kegiatan diskusi melalui forum Debate’s Community untuk ketiga kalinya. Kegiatan yang rutin dilaksanakan setiap satu minggu sekali ini, dilakukan dalam rangka merawat nalar kritis mahasiswa. Kegiatan diskusi diikuti oleh mahasiswa Ilmu Pemerintahan angkatan 2022 dan 2023, serta dibimbing secara langsung oleh dosen, yakni Bapak Ach. Apriyanto Romadhan, S.IP., M.Si.

Adapun yang bertindak sebagai pemantik diskusi yakni dua kelompok presenter dari angakatan 2022 yang berjumlah masing-masing 8 orang dalam tiap kelompok. Tema yang dibahas dalam diskusi kali ini berjudul “Polemik Kebijakan TikTok Shop: Antara Perlindungan Ekonomi VS Pertumbuhan Ekonomi”. Tema tersebut sesuai dengan isu aktual yang tengah ramai diperbincangkan saat ini.

Pertemuan yang mengkaji tentang polemik mengenai larangan penjualan online di TikTok Shop tersebut, berupa kegiatan diskusi dan komunikasi dua arah antara pemantik dan audiens. Dalam forum tersebut, pemantik menyampaikan argumentasi yang kemudian akan didiskusikan.

“Polemik tentang kebijakan TikTok Shop mencerminkan perdebatan antara pertumbuhan ekonomi dan kemajuan ekonomi. Disatu sisi, ini dapat menjadi alat yang kuat untuk mendorong pertumbuhan ekonomi karena memberikan platform kepada UMKM untuk mempromosikan produknya agar mendapatkan akses ke pasar yang lebih luas. Di sisi lain, ada risiko yang menghambat pertumbuhan beberapa UMKM yang lebih kecil atau kurang dikenal,” ungkap pemantik.

Melalui diskusi ini terbangun argumentasi dari mahasiswa, bahwasannya dengan memahami dan mengelola secara bijak mengenai perdebatan ini, maka solusinya pemerintah dan pelaku UMKM dapat bekerja sama untuk memaksimalkan manfaat ekonomi dari TikTok Shop sambil menjaga stabilitas dan keberlanjutan ekonomi secara keseluruhan. (van/roz)

Shared: