MAHASISWA IP UMM & IP UNISMUH MAKASSAR KOLABORASI MEMBUAT BUKU PEMBERDAYAAN MASYARAKAT

Senin, 01 Agustus 2022 07:00 WIB   Program Studi Ilmu Pemerintahan

Sabtu (30 Juli 2022) mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang dan Universitas Muhammadiyah Makassar melaksanakan kegiatan webinar dalam rangka launching perdana sekaligus membedah buku proyek kerjasama IP UMM dan IP Unismuh Makassar yang berjudul “Berdaya Bersama Muhammadiyah”. Kegiatan ini dilaksanakan secara daring melalui platform google meet yang diikuti oleh puluhan partisipan, terdiri atas: mahasiswa berbagai Universitas di Indonesia, tim penyusun, para penulis, hingga segenap dosen dan jajaran perwakilan dari pihak Program Studi baik dari IP UMM maupun IP Unismuh Makassar.

Buku “Berdaya Bersama Muhammadiyah” berisi kumpulan 25 tulisan, sebagai output yang dihasilkan oleh mahasiswa IP UMM dan IP Unismuh Makassar pada program Student Exchange Dalam Negeri tahun 2021, tepatnya pada mata kuliah Social Empowerment. Penulisan buku ini dibimbing secara langsung oleh segenap dosen dari IP Unismuh Makassar, yakni Ibu Dr. Nuryanti Mustari, S.IP., M.Si dan Ibu Andi Tenriawaru, S.IP., M.Si selaku dosen pengampu mata kuliah sekaligus penyusun buku.

Proses Bedah dan Diskusi Buku Pemberdayaan Masyaraka. (Foto: Vani)

Ketua Prodi IP Unismuh Makassar Bapak Ahmad Harakan, S.IP., M.H.I dan Sekretaris Prodi IP UMM Bapak Ach. Apriyanto Romadhan, S.IP., M.Si yang turut hadir dalam kegiatan webinar ini, sangat mengapersiasi kegiatan yang dilakukan dengan mengucapkan “selamat” atas terbitnya buku kerjasama berjudul “Berdaya Bersama Muhammadiyah”. Selanjutnya, diharapkan pula adanya semangat kolaborasi untuk terus berkemajuan dan berkelanjutan guna menunjang keunggulan program studi, serta meningkatkan daya intelektualitas mahasiswa. Sementara itu, Ibu Andi Tenriawaru, S.IP., M.Si selaku tim penyusun sekaligus dosen pengampu mata kuliah Social Empowerment, menekankan bahwasannya proses yang sangat panjang dalam penyusunan buku ini merupakan bentuk kemandirian, kreativitas serta improvisasi yang dilakukan oleh mahasiswa itu sendiri.

Melalui kolaborasi yang dibangun dari kegiatan Student Exchange maupun proyek penulisan buku pemberdayaan yang dilakukan oleh mahasiswa IP UMM dan IP Unismuh Makassar, maka selanjutnya mahasiswa diharapkan dapat lebih peka terhadap isu dan kondisi masyarakat disekitarnya dengan terus berperan aktif dalam melakukan berbagai kegiatan pemberdayaan, sejalan dengan taglinedari mahasiswa, oleh mahasiswa, untuk masyarakat”.

Shared: