Mahasiswa IP UMM Ikut Selenggarakan Kegiatan Monitoring Pengelolaan IPAL

Kamis, 18 Juli 2019 10:28 WIB   Program Studi Ilmu Pemerintahan

Mahasiswa IP UMM Ikut Selenggarakan Kegiatan Monitoring Pengelolaan IPAL

Pada hari Senin tanggal 15 Juli 2019, mahasiswi IP UMM yakni Hikmatul Fitri yang saat ini tengah melaksanakan magang riset pemerintahan di Bidang Air Minum dan Air Limbah (AMAL), Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kota Malang turut serta dalam penyelenggaraan kegiatan monitoring dan peningkatan kapasitas kinerja serta pelaporan pengelolaan Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) Komunal yang bertempat di Hotel Trio Indah Kota Malang.

Kegiatan ini diselenggarakan dalam rangka untuk mengetahui kendala-kendala yang tejadi dalam proses pengelolaan IPAL sehingga dapat dirumuskan secara bersama-sama bagaimana solusi permasalahannya. Kegiatan monitoring ini juga diisi dengan presentasi dari Tenaga Fasilitator Lapangan (TFL) terkait dengan kondisi IPAL yang terdapat di masing-masing Kecamatan saat ini. Dari pemaparan inilah dapat diketahui bagaimana kreatifitas masyarakat dalam mengelola IPAL. Di samping presentasi oleh TFL, juga ada pemaparan materi dari Ibu Yuni Lestari selaku Kepala Bidang AMAL DPUPR Kota Malang. Beliau mengatakan bahwa kedepannya setiap pengelola IPAL harus memiliki legalitas yang sah dilengkapi dengan Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga (AD/ART), sehingga dapat mempermudah proses pengelolaan IPAL dan agar dapat mengajukan bantuan kepada pemerintah. 

Kegiatan ini dihadiri oleh Kelompok Swadaya Masyarakat (KSM) dan Kelompok Pemanfaatan dan Pemeliharaan (KPP) IPAL Kota Malang. Di Kota Malang sendiri terdapat 98 IPAL dan 20 IPAL diantaranya masih belum ada yang mengelola, sehingga masih dikelola secara langsung oleh Bidang AMAL DPUPR Kota Malang bersama dengan asosiasi pengelolaan IPAL seperti Himpunan Penduduk Pemakai Air Minum (HIPPAM).  Dengan adanya kegiatan ini, harapannya seluruh IPAL yang ada di Kota Malang dapat dikelola dengan baik sesuai dengan kreatifitas masing-masing pengelolanya. 

Shared: