Kesan Mahasiswa CoE Selama Mengikuti Pogram Magang di Kemenpan-RB

Sabtu, 23 September 2023 21:28 WIB   Program Studi Ilmu Pemerintahan

Malang, 23 September 2023. Tiga orang mahasiswi Prodi Ilmu Pemerintahan UMM dari Kelas Center of Excellence (CoE) Bidang Analis Pemerintahan Politik yang bernama Nurmayanda, Olly Caesarya Reghina dan Resky Maharani Ma’mur, melakukan kegiatan magang sekaligus penelitian selama 4 bulan di Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi / Kemenpan-RB (Jalan Jenderal Sudirman, Senayan, DKI Jakarta).

Selama kegiatan magang berlangsung, ke-tiga mahasiswi ini ditempatkan pada Divisi Kelembagaan dan Tata Laksana. Ke-tiga mahasiswi tersebut menuturkan bahwa selalu berusaha untuk mengerjakan tugas-tugas yang diberikan dengan sebaik mungkin. Sebab, ini merupakan bentuk amanah dan tanggung jawab yang luar biasa.

“Pekerjaan rutin yang biasa kami lakukan disini biasanya bersifat administratif untuk membantu tugas-tugas di unit kami, salah satunya dalam pembuatan matrikulasi perubahan usulan,” ungkap Nurmayanda.

Selain itu, salah satu mahasiswi yang bernama Resky juga memaparkan bahwa dalam kegiatan magang, ia telah banyak dilibatkan dalam berbagai forum besar untuk membahas terkait kebijakan-kebijakan tertentu.

“Khususnya di Unit Polhukam Deputi Kelembagaan dan Tata Laksana Kemenpan-RB, keterlibatan rutin saya disini adalah sebagai notulis dalam agenda yang terkait dengan; Penataan  SOTK Tingkat K/L (Kemenkumham dan MKRI), Usulan Perubahan SOTK Tingkat K/L hingga Pemda,  Transformasi Organisasi Perangkat Daerah bersama Kemendagri,  Penyusunan Proses Bisnis Tematik Hukum dan Keamanan (bersama PPATK, BNN, Dirjen Pajak), Penyederhanaan Proses Bisnis KASN, Evaluasi Proses Bisnis BKN, serta Penginputan Terkait SP2D Deputi Kelembagaan dan Tata Laksana Menpan,” ungkap Resky memaparkan.

Para mahasiswi ini juga menuturkan bahwa, magang di lingkungan kerja Kemenpan-RB merupakan pengalaman yang sangat berharga. Kesempatan yang luar biasa ini tentunya bisa didapatkan ketika berkuliah di Prodi Ilmu Pemerintahan UMM. (van/roz)

Shared: