Kenalkan InaRisk melalui Indonesia International Outdoor Festival (OUTFEST) 3rd

Rabu, 07 Agustus 2019 10:36 WIB   Program Studi Ilmu Pemerintahan

Kenalkan InaRisk melalui Indonesia International Outdoor Festival (OUTFEST) 3rd

PT. Magna Gagas Ideatama bekerjasama dengan Kementerian Pariwisata dan Pecinta Alam Indonesia kembali selenggarakan kegiatan Indonesia International Outdoor Festival (OUTFEST) untuk yang ketiga kalinya (Indonesia International Outfest 3rd).Diawali dengan kegiatan“Press Conference & Technical Meeting Indonesia International Outdoor Festival 3rd Summit 2019 and 1st Indonesia Adventure Travel Trade Conference 2019”  pada tanggal 22 Juli 2019di Aula Gedung Sapta Pesona, Kementerian Pariwisata. Kemudian dilanjutkan dengan pelaksanaan kegiatan selama 4 (empat) hari berturut-turut, yaitu pada tanggal 01-04 Agustus 2019 bertempat di Lapangan Aldiron, Pancoran, Jakarta Selatan.

Tidak jauh berbeda dengan acara yang diselenggarakan pada tahun-tahun sebelumya, OUTFEST kali ini mengusung konsep yang berfokus pada pengembangan wisata petualangan (Adventure Travel), dan dimeriahkan dengan berbagai macam rangkaian acara seperti adventure update, music camp, outdoorgear market, foodcamp, outdoorland, moto adventure, learn and shake, sinema kaki langit,community gatheringdan juga outdoor garage. Kegiatan ini juga diramaikan dengan rangkaian kegiatan lainnya seperti talkshow, wahana aktifitas gratis seperti outdoor adventure experience, responsible adventurer campaign, community gathering, dan education program. Tujuan diselenggarakannya kegiatan ini tidak lainuntuk memajukan kegiatan outdoor di Indonesia.

Dalam kesempatatan kali ini, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) juga turut andil dalam kegiatan education program untuk mengenalkan aplikasi InaRisk kepada masyarakat. Aplikasi InaRisk sendiri merupakan sebuah aplikasi hasil kerjasama BNPB dengan Kementerian ESDM, Kementerian PUPR dan BMKG yang dapat digunakan masyarakat untuk mengetahui risiko bencana yang dapat terjadi di wilayahnya, seperti banjir, banjir bandang, cuaca ekstrem, gelombang ekstrem dan abrasi, gempa bumi, kebakaran hutan dan lahan, kekeringan, letusan gunung api, tanah longsor, tsunami, dan bencana lainnya.Aplikasi ini tentu sangat bermanfaat bagi masyarakat terutama bagi pecinta alam agar bisa menjelajah alam dengan aman dan terhindar dari resiko bencana. Deri Fikri Haikal, salah satu mahasiswa IP yang bertugas untuk menjaga booth BNPB juga mendapat kunjungan istimewa dari Bapak Sandiaga Salahuddin Uno dan berkesempatan untuk mengenalkan aplikasi InaRisk kepada beliau.

Shared: