Inovasi “Sego Boran” di Kabupaten Lamongan

Senin, 14 September 2020 08:32 WIB   Program Studi Ilmu Pemerintahan

Pelayanan via Boran Dispendukcapil Kabupaten Lamongan. (Foto: Istimewa)

Malang, 14 September 2020. Meskipun di tengah situasi pandemi, mahasiswa Ilmu Pemerintahan UMM tetap antusias dan ikut membantu dalam pelayanan publik di Kabupaten Lamongan. Mahasiswi bernama Mazidatur Rahmah ini magang di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Lamongan.

Untuk memaksimalkan pelayanan di tengah pandemi Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil memanfaatkan aplikasi “Sego Boran” (sarana elektronik gratis berkas online administrasi kependudukan) untuk pelayanan administrasi kependudukan. Pengajuan Online meliputi, KTP el, KIA (Kartu Identitas Anak), akta kelahiran, akta kematian dan aktivasi data. Bagi masyarakat yang ingin mendapatkan pelayanan tersebut caranya hanya menambahkan nomor kontak pelayanan yang tertera ke dalam Aplikasi Whattapp melalui nomor yang sudah disiapkan yakni 08113699514.

Untuk alur pengajuan, pemohon diharuskan menghubungi Call Center terlebih dahulu ke nomor WA yang sudah tertera dan dipublish ke masyarakat.  Selain itu pemohon akan langsung dipandu oleh operator call center Disdukcapil melalui nomor WA terkait untuk mengurus dokumen apa yang diperlukan. Proses selanjutnya, pemohon akan diarahkan oleh operator call center Disdukcapil untuk mengirim persyaratan dan formulir permohonan ke email yang sudah ditentukan.

Kemudian, email diterima bidang untuk di verifikasi petugas. Dan apabila berkas persyaratanya ada kekurangan akan ada pemberitahuan untuk dilengkapi ulang, sedangkan yang sudah lengkap akan segera diproses setelah persyaratan sudah dinyatakan lengkap dan segera diproses, kemudian pemohon akan mendapatkan pemberitahuan dari operator untuk pengambilan adminduk-nya. Dan selanjutnya Para pemohon akan mendapatkan pemberitahuan dari operator untuk pengambilan dokumen yang sudah selesai.

Shared: