Debate’s Community: Mengkaji Korelasi Antara Kekuasaan, Komoditi dan Pelecehan Seksual di Media Sosial

Kamis, 14 Desember 2023 21:53 WIB   Program Studi Ilmu Pemerintahan

Malang, 6 Desember 2023. Himpunan Mahasiswa Ilmu Pemerintahan (HIMAP) UMM kembali menyelenggarakan kegiatan diskusi melalui forum Debate’s Community pada minggu ke-sebelas. Kegiatan yang rutin dilaksanakan setiap satu minggu sekali ini, bertujuan untuk merawat nalar kritis mahasiswa. Kegiatan diskusi diikuti oleh mahasiswa Ilmu Pemerintahan angkatan 2022 dan 2023.

Bertindak sebagai pemantik diskusi, yakni kelompok presenter dari angkatan 2022 yang berjumlah tujuh orang. Tema yang dibahas dalam diskusi kali ini berjudul “Kekuasaan, Komoditi dan Pelecehan Seksual di Media Sosial”. Tema tersebut dipilih guna mengkaji tentang realitas pelecehan seksual yang terjadi di media sosial, terutama fenomena perempuan sebagai korban.

Pertemuan yang mengkaji tentang tindak pelecehan seksual di media sosial ini, secara teknis berbentuk kegiatan diskusi dan komunikasi dua arah antara pemantik dan audiens. Dalam forum tersebut, pemantik menyampaikan materi dan argumentasi yang kemudian akan didiskusikan.

“Dinamika kekuasaan dan seksualitas sangat terkait erat dalam masyarakat kita. Sepanjang sejarah, ketidakseimbangan kekuasaan telah terlihat dalam berbagai bentuk, seperti yang kuat versus yang lemah. Dalam hal ini, perempuan disebut sebagai komoditi atau objek pelecehan seksual, termasuk di media sosial.” jelas pemantik.

Melalui forum diskusi ini terbangun argumentasi dari mahasiswa dengan simpulan bahwasannya, era digital telah memperkenalkan dimensi baru dalam pelecehan seksual, terutama melalui media sosial. Kejahatan dunia maya, termasuk cybersex dan cyber child pornography, telah muncul sebagai masalah serius. Pelecehan seksual tidak lagi terbatas pada dunia fisik, namun telah menemukan platform baru secara online. Para korban, yang secara dominan adalah perempuan mengalami tindakan yang tidak diinginkan, pesan eksplisit dan eksploitasi melalui berbagai saluran media sosial.

Terkait cara mengatasi pelecehan seksual di media sosial, ini menjadi tugas bersama dan memerlukan upaya dari semua pihak. Baik dalam hal pendidikan, kesadaran, peraturan yang ketat dan dukungan terhadap korban adalah beberapa langkah yang dapat membantu mengurangi insiden pelecehan seksual di media sosial. Pelaporan pelecehan seksual harus disederhanakan dan dipermudah, serta harus dijaga segala privasinya. (van/roz)

Shared: