Debate’s Community: Mengkaji Masa Depan Penegakan HAM di Indonesia

Jum'at, 29 Desember 2023 02:17 WIB   Program Studi Ilmu Pemerintahan

Malang, 29 Desember 2023. Himpunan Mahasiswa Ilmu Pemerintahan (HIMAP) UMM kembali menyelenggarakan kegiatan diskusi melalui forum Debate’s Community. Kegiatan yang rutin dilaksanakan setiap satu minggu sekali ini, bertujuan untuk merawat nalar kritis mahasiswa. Kegiatan diskusi diikuti oleh mahasiswa Ilmu Pemerintahan angkatan 2022 dan 2023.

Bertindak sebagai pemantik diskusi, yakni kelompok presenter dari angkatan 2022 yang berjumlah sembilan orang. Tema yang dibahas dalam diskusi kali ini berjudul “Masa Depan Penegakan HAM di Indonesia”. Tema tersebut dipilih guna mengkaji tentang dinamika penegakan HAM di Indonesia beserta langkah-langkah yang dapat diambil dalam menyelesaikan masalah HAM.

Pertemuan yang mengkaji tentang penegakan HAM di Indonesia ini, secara teknis berbentuk kegiatan diskusi dan komunikasi dua arah antara pemantik dan audiens. Dalam forum tersebut, pemantik menyampaikan materi dan argumentasi yang kemudian akan didiskusikan.

“Negara kita memegang teguh nilai-nilai Pancasila yang menjamin kesetaraan HAM bagi seluruh warga negara, serta memberikan jaminan bahwa penghormatan terhadap HAM bersifat universal. Pancasila sebagai sumber penegakan HAM memiliki tiga nilai HAM yaitu Nilai Ideal, Nilai Instrumental dan Nilai Praktikal,” jelas pemantik.

Melalui forum diskusi ini terbangun argumentasi dari mahasiswa dengan simpulan bahwasannya, solusi utama dalam penyelesaian masalah HAM di Indonesia dapat dilihat dari tiga perspektif, diantaranya melalui; jalur hukum, jalur mediasi dan jalur Pendidikan. Selain itu, pemerintah memiliki peranan yang sangat penting dalam melindungi dan memajukan HAM di negara ini, sebagaimana yang diamanatkan dalam Pancasila dan konstitusi yang ada. (van/roz)

Shared: