Belajar Revolusi Industri 4.0, Mahasiswa IP Ikuti Program Study Excursie (SE) Ke Kementerian RI

Kamis, 24 Januari 2019 09:36 WIB   Program Studi Ilmu Pemerintahan

Belajar Revolusi Industri 4.0, Mahasiswa IP Ikuti Program Study Excursie (SE) Ke Kementerian RI

Prodi Ilmu Pemerintahan UMM, memberangkatkan 200 mahasiswa Ilmu Pemerintahan untuk mengikuti program Study Excursie (SE) (Minggu, 13/1). Program SE sendiri adalah program Unggulan Prodi Ilmu Pemerintahan dimana mahasiswa Ilmu Pemerintahan diajak untuk belajar langsung bagaimana Tata Kelola Pemerintahan Dalam Menghadapi Era Revolusi Industri 4.0. Tahun ini, mahasiswa Prodi Ilmu Pemerintahan angkatan 2017 berkunjung ke 9 Kementerian dan Lembaga. Yakni, Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI, Kementerian Pariwisata RI, Kementerian Keuangan RI, Kementerian Ketenagakerjaan RI, Kementerian Perdagangan RI, Kementerian Sekretariat Negara RI, Kementerian Pertanian RI, Kantor Gubernur Jawa Barat, dan yang terakhir Kantor Walikota Bandung dengan didampingi oleh dua Dosen Muda IP, yakni Ach.Apriyanto R, M.Si dan Listiana Asworo, MA. Kegiatan ini berlangsung selama lima hari, terhitung dari tanggal 14 Januari hingga 18 Januari 2019.

Kaprodi Ilmu Pemerintahan, Salahudin, S.IP, M.Si, M.PA, langsung memimpin pemberangkatan mahasiswa Ilmu Pemerintahan. Dalam kesempatan tersebut beliau menyampaikan, “program SE merupakan program Unggulan Prodi IP, karena kita bisa langsung belajar dari pelaku Tata Kelola Pemerintahan sendiri. Sehingga, kawan-kawan bisa memanfaatkan kegiatan ini untuk mendapatkan ilmu dan pengetahuan tentang Kepemerintahan secara langsung”, ujarnya.

Program SE 2018 juga menjadi special karena 4 mahasiswa asal Khon Kaen University (KKU) Thailand, juga turut serta dalam rombongan. Mereka adalah Kanarwut Duangin, Mintra Wongwirat, Sittisak Kaeothanmanukun, dan Suparom Wongracha. Mahasiswa asal KKU Thailand ini berkesempatan untuk belajar tentang Sistem Pemerintahan Indonesia yang tentunya berbeda dengan negara Thailand. “Ikut serta dalam program ini menjadi kebanggaan untuknya, dan teman-temannya”, kata Sittisak.

Program SE sendiri semacam kunjungan kelembagaan dimana tidak hanya sekedar berkunjung, tetapi juga audiensi atau diskusi dengan pejabat pemerintah. Mahasiswa prodi IP menggunakan kesempatan tersebut untuk bertanya kepada pemerintah tentang apa yang menjadi kerisauan mereka. Sehingga mereka dapat penjelasan langsung dari pemerintah.

Bagi Prodi Ilmu Pemerintahan, program SE sangatlah penting. Program SE merupakan jembatan untuk melakukan penguatan kelembagaan dengan kerjasama-kerjasama dengan Institusi Pemerintahan. Sehingga, jaringan atau koneksi yang dibangun oleh Prodi IP akan semakin kuat. Demi pengembang Prodi yang lebih maju dan baik.

Shared: