Kepala Laboratorium Prodi Ilmu Pemerintahan Periode 2018-2022

Yana S. Hijri, S.IP, M.IP.

Kepala Laboratorium Prodi IP Periode 2018-2022  ini adalah pribadi yang sangat energik dan supel. Beliau lahir di Bandung pada tahun 1979. Pendidikan jenjang Strata Satu ditempuh di jurusan yang sama dengan capaian gelar lulusan terbaik prodi Ilmu Pemerintahan tahun 2002 dengan judul skripsi: “Proses Politik Pembentukan Propinsi Banten”. Haus akan ilmu yang lebih tinggi lagi, kemudian Beliau melanjutkan tingkat pendidikan Strata Dua di Universitas Indonesia dengan mengambil konsentrasi kajian Politik Lokal.

Dosen yang aktif melakukan penelitian dan pengabdian masyarakat ini memfokuskan permasalahan atau isu-isu di ranah pemerintah dan masyarakat. Beberapa judul dari penelitiannya dalam lima tahun terakhir: Pemahamahan Multikulturalisme Masyarakat Multi Etnik dalam Pengelolaan Konflik Sosial dan Politik di Kota Malang (DP3M-DIKTI); Participatory Budgeting dalam  APBD Kota Malang Tahun 2007 (DPPM-UMM); Model Pengelolaan Konflik Pemilihan Kepala Daerah dalam Penguatan Integrasi Bangsa (Penelitian Strategis Nasional Bidang Otonomi Daerah dan Integrasi Bangsa) (Hibah DIKTI-Depdiknas); Penilaian (Assessment) Kota Malang Sebagai Kota Tangguh (Resilient City) (Block Grant FISIP-UMM); Model Pengelolaan Hutan Pesisir Malang Selatan Melalui Green Belt Movement Untuk Mitigasi Bencana (DPPM-PUPS). Adapun beberapa judul pengabdian yang dilakukan selama lima tahun terakhir: IbM Penyusunan dan Pendampingan Pengelolaan Administrasi Desa Berdasarkan UU No.16 Tahun 2014 (Block Grant FISIP-UMM); Penyusunan Naskah Akademik & Pendampingan Rancangan Peraturan Daerah Tentang Penanggulangan Tuberculosis (TB) di Kabupaten Malang Tim TB Pimpinan Daerah Aisyiyah Kab. Malang Tahun 2015-2016 (PPM PSK2-PB); Peningkatan Kapasitas Masyarakat Dalam Kesiapsiagaan Menghadapi Bencana di Kelurahan Kota Lama Kecamatan Kedungkandang Kota Malang Tahun 2016 (BPBD Kota Malang); Peningkatan Kapasitas Masyarakat Dalam Kesiapsiagaan Menghadapi Bencana di Kelurahan Bareng Kecamatan Klojen Kota Malang Tahun 2016 (BPBD Kota Malang); Pelatihan Peningkatan Kapasistas SDM Assesment Bencana BPBD Kota Malang (BPBD Kota Malang); Penguatan Kapasitas Desa Tangguh Bencana Di Kabupaten Malang (DPPM-PPK).

Selain aktif melakukan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat, juga aktif menulis artikel di beberapa jurnal dan Koran. Beberapa diantaranya adalah KPUD, Pilkada Langsung dan Demokrasi Lokal (Jurnal Ilmiah Bestari No.37/Th.XXI/2008); Mencegah Korupsi (Harian Malang Post); Transparansi Rekrutmen CPNS: Sebuah Keniscayaan (Harian Malang Post); Pemilulkada Tak Langsung Ancaman Demokrasi (Harian Malang Post); Mengurai Anatomi Konflik Pemilukada Serentak (Harian Bhirawa). Tidak hanya menulis saja, beliau pun terlibat aktif dan terjun ke lapangan dalam berbagai kegiatan survey. Survei Pra Pemilukada 2017 di Kota Batu (CSSC Malang); Survei Sosio-Ekonomi Masyarakat Terdampak Bencana di Kelurahan Bareng, Kec.Klojen, Kota Malang (BPBD Kota Malang); Survei Perhitungan Cepat (Quick Count) Pemilukada Kota Batu, 15 Februari 2017 (UMM&ATV Batu).

Dosen aktif berorganisasi diantaranya, Pimpinan Pusat Pemuda Muhammadiyah, Centre for Social Studies Community (CSSC) Indonesia, dan juga di Asosiasi Dosen Ilmu Pemerintahan Seluruh Indonesia (ADIPSI). Tentunya, dengan melihat rekam jejak beliau, Laboratorium Prodi Ilmu Pemerintahan akan semakin maju dan berkembang.

Shared:
LABORATORIUM