Prodi Ilmu Pemerintahan
Universitas Muhammadiyah Malang
Prodi Ilmu Pemerintahan
Universitas Muhammadiyah Malang

KEUNGGULAN DAN KOMPETENSI

Keunggulan dan indikator Visi Prodi Ilmu Pemerintahantahun 2015:

No.

Keunggulan

Indikator

1

Penguatan program studi terhadap Effective Government

1.    Dosen, mahasiswa, dan lulusan tidak hanya berwawasan good governance namun juga berwawasan Effective Government.

2.    Kurikulum yang ada tetap mendukung terwujudnya good governance, namun mendapat penekanan lebih pada terbentuknya Effective Government.

3.    Sarana dan prasarana yang mendukung terwujudnya Effective Government.

2

Penguatan program studi terhadap praktik lapang dan laboratorium pemerintahan

 

1.      Laboratorium sebagai pusat analisis kebijakan pemerintahan/publik.

2.      Sebagai pusat data dan informasi pemerintahan dan politik.

3.      Program magang riset pemerintahan.

4.      Memorandum of Understanding(MoU) dengan instansi pemerintahan.

5.      Pengembangan kajian baru mengenai Kependudukan dan Kebencanaan.

3

Program studi berlandaskan pada pengejawantahan nilai-nilai islam.

1.      Mata kuliah wajib universitas dan jurusan yang berwawasan pendidikan keislaman.

2.      Dosen, mahasiswa, dan lulusan berkarakter Islami.

 
 
kompetensi utama lulusan

Kompetensi utama merupakan kompetensi penciri perguruan tinggi yang ditetapkan bersama dengan pihak stakeholders terkait. Kompetensi Utamaditetapkan denganbertujuan untuk menghasilkan output pendidikan yang memiliki kemampuan berbahasa asing;menulis;retorika;meneliti dan menganalisa;manajerial, dan kepemimpinan dalam pemerintahan dan politik; serta enterpreneurship.Kompetensi ini diperoleh mahasiswa melalui mata kuliah kurikulum intidan kurikulum institusi.

Kurikulum Intimeliputi mata kuliah: Bahasa Indonesia Ilmiah, Pengantar StatistikSosial, Metode Penelitian Sosial, Metodologi Ilmu Politik dan Ilmu Pemerintahan, Dasar-Dasar Logika, Azas-Azas Manajemen, Organisasi Manajemen Pemerintahan, Sistem Ekonomi Indonesia dan Politik Pertanahan.

Kurikulum Institusionalmeliputi mata kuliah: ESP I dan ESP II, Analisa Kekuatan Sosial Politik, Filsafat Ilmu, Sistem Informasi Manajemen, Manajemen Konflik dan Konsensus, ManajemenSumber Daya Manusia, Manajemen Pelayanan Publik, Investasi dan Pengembangan Ekonomi Lokal, Perpajakan, Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat, Pengabdian Mahasiswa kepada Masyarakat.

kompetensi pendukung

Kompetensi pendukung adalah kompetensi unggulanyang merupakan kompetensi penciri program studi IP UMM yang ditekankan pada perwujudan Good Governance dan Penguatan Tata Pemerintahan Lokal. Kompetensi unggulan terdiri dari kemampuan menyusun dan mengevaluasi kebijakan publik, bernegosiasi, public speaking, analisis politik lokal, dan problematika pemerintahan daerah. Kompetensi ini diperoleh mahasiswa melalui kurikulum Inti, dan kurikulum Intitusional.

Kurikulum Intiterdiri dari mata kuliah: Kebijakan Publik, Sistem PemerintahanRepublikIndonesia, Birokrasi Indonesia, Sistem PolitikIndonesia, Hubungan Pusat dan Daerah, Sistem Sosial Budaya Indonesia, dan Sistem Kepartaian dan Pemilu Indonesia.

Kurikum Institusionalmeliputi mata kuliah: Perencanaan Pembangunan Daerah, Negara dan Masyarakat Sipil, Perbandingan Sistem Politik dan Pemerintahan, Sistem Penganggaran Pemerintahan, Teori dan Praktik Desentralisasi, Urban Politics, Dinamika Pemerintahandan Politik Lokal, Demokrasi dan HAM, Proses Legislatif, Manajemen Konflik dan Konsensus, Filsafat Ilmu, Politik Korupsi, Politik Pemekaran Wilayah sertaPolitik Perbatasan.

 

kompetensi lainnya/pilihan lulusan

Kompetensi lainnya/pilihan lulusan adalah kompetensi spesifik. Kompetensi spesifik bertujuan menghasilkan output pendidikan yang memiliki ahlak mulia sebagai pendorong terciptanya sense of responsibility terhadap dinamika pemerintahan. Kompetensi ini diperoleh mahasiswa melalui kurikulum nasional yaitu mata kuliah Pendidikan Kewarganegaraan dan kurikulum program studi terdiri dari Al Islam dan Kemuhammadiyahan (AIK) I sampai dengan AIK IV, dan Pemikiran Politik Islam.

 

Shared: