Prodi Ilmu Pemerintahan
Universitas Muhammadiyah Malang
Prodi Ilmu Pemerintahan
Universitas Muhammadiyah Malang

Tri Sulistyaningsih: Menuju Pembangunan Kota Malang Berwawasan Lingkungan

Author : Administrator | Senin, 02 September 2013 08:44 WIB

Dr. Tri Sulistyaningsih, M.Si., menjadi narasumber di kegiatan Evaluasi RPJMD Pemkot Malang, (21/08).

Dr. Tri Sulistyaningsih, M.Si., dipercayai Pemerintah Kota Malang sebagai narasumber pada kegiatan Evalusi Rencana Pembangunan Jangka Menengah daerah (RPJMD) Tahun 2009-2013 Pemerintah Kota Malang. Kegiatan itu menjadi kesempatan berharga bagi Tri Sulistyaningsih untuk memaparkan hasil penelitiannya dihadapan pemerintah Kota Malang. Kegiatan ini dilangksanakan di Hotel Griyadi Montana Malang, 21/8. Pada kegiatan yang diikuti stakeholder Kota Malang itu, Doktor Kebijakan Publik ini menyampaikan banyak hal tentang pembangunan Kota Malang yang dikaitkan dengan hasil penelitiannya tentang Kebijakan Tata Ruang Kota-Kota Malang. Menurutnya lima tahun terakhir ini Kota Malang dihadapkan oleh berbagai persoalan diantaranya deviasa pemanfaatan ruang terbuka hijau, kemacetan lalu lintas semakin meluas, pelestarian lingkungan hidup belum optimal, dan peningkatan kesejahteraan masyarakat belum optimal. “Lima tahun terakhir ini Pemkot Malang semakin jauh dari pembangunan berwawasan lingkungan dan upaya pemberdayaan masyarakat berjalan di tempat”, ungkapnya.

Sesuai hasil penelitiannya Tata Ruang Kota-Kota Malang semakin hari semakin menunjukkan kesemrawutannya. Pembangunan gedung dilakukan dimana-mana tanpa kajian analisis dampak lingkungan (AMDAL) yang teratur. “Nampaknya Pemkot Malang kurang memiliki kemaun baik untuk memperhatikan tata ruang kota. Hal ini nampak dari pembangunan gedung yang dilakukan tanpa memikirkan masa depan Kota Malang” tuturnya. Jika hal ini terus dibiarkan bukan tidak mungkin kemacetan lalu lintas Kota Malang seperti kemacetan lalu lintas di Jakarta. “Kita berharap Pemerintah Kota Malang memiliki kemauan baik untuk memikirkan masa depan kota malang terutama terkait dengan tata ruang kota”, tuturnya berharap.

Dengan berakhirnya RPJMD 2009-2013 ini menandakan pemerintah Kota Malang segera membuat dan membentuk RPJMD yang baru. Diharapkan RPJMD yang baru nanti benar-benar disusun berdasarkan data-data riil serta kebutuhan mendesak masyarakat Kota Malang. Menurut ketua Jurusan Ilmu Pemerintahan UMM ini salah satu persoalan yang harus dipikirkan dan dijadikan bagian dari RPJMD Kota Malang adalah penataan tata ruang kota, pemberdayaan masyarakat, peningkatan akses pendidikan, dan memberdayakan potensi pariwisata. “Untuk realisasi RPJMD diperlukan komitmen sinergisitas stakeholder lintas sektoral, pungkasnya.  

Shared:

Komentar

Tambahkan Komentar


characters left

CAPTCHA Image