Mahasiswi IP UMM Berpartisipasi Dalam Peluncuran e-SRUT dan BLUe Bersama Ditjen Hubdat

Senin, 26 Agustus 2019 09:07 WIB   Administrator

Mahasiswi IP UMM Berpartisipasi Dalam Peluncuran e-SRUT dan BLUe Bersama Ditjen Hubdat

 

Mahasiswi Prodi IP UMM (Ni’matul Aulia) kembali berpartisipasi dalam kegiatan yang diselenggarakan oleh Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan Republik Indonesia, yaitu Launching elektronik Sertifikat Registrasi Uji Tipe (e-SRUT) dan Bukti Lulus Uji berkala elektronik (BLUe) pada hari Jum’at (23/8/2019) bertempat di Ruang Nenggala Gedung Cipta Lantai 7 Kementerian Perhubungan.

Launching e-SRUT dan BLUe ini merupakan salah satu langkah dari Kementerian Perhubungan untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik, mewujudkan Digitalisasi Pelayanan (DILAN) dan Financial Technology (FINTECH), serta untuk mempermudah integrasi data antar instansi khususnya antara Kementerian Perhubungan dengan Korlantas Polri karena pengelolaan data menggunakan sistem elektronik. Sedangkan penerapan BLUe dapat memberikan keuntungan berupa data hasil uji yang dapat diakses di seluruh Indonesia, mencegah terjadinya pemalsuan data hasil uji, otentifikasi data dengan sistem informasi manajemen yang terintegrasi di seluruh wilayah, serta menjadi bukti bahwa kendaraan telah memenuhi syarat pengujian dan menjadi jaminan atas keaslian dokumen.

Budi Karya Sumadi selaku Menteri Perhubungan Republik Indonesia dalam sambutannya juga mengatakan bahwa peluncuran e-SRUT dan BLUe ini diharapkan dapat mereformasi birokrasi agar dapat melaksanakan pelayanan publik yang lebih prima, serta mendukung pelayanan terhadap pelaku industri di bidang otomotif dan masyarakat dalam rangka menjamin keselamatan kendaraan di Indonesia.

Pada kesempatan yang sama, juga dilakukan penandatangan Memorandum of Understanding (MoU) antara Direktorat Jenderal Perhubungan Darat dengan beberapa mitra kerja seperti PT. Penjaminan Infrastruktur Indonesia (PII), PT. Pertamina (Persero) serta PT. Alfaria Trijaya Tbk terkait dengan peningkatan infrastruktur dan layanan di bidang transportasi dan perhubungan.

Kegiatan Launching e-SRUT dan BLUe serta penandatanganan MoU dengan beberapa mitrakerja ini bukan hanya dihadiri oleh Menteri Perhubungan dan Direktur Jenderal Perhubungan Darat, namun juga turut disaksikan oleh Deputi Bidang Pelayanan Publik, Korlantas POLRI, Kementerian Keuangan, Pejabat di lingkungan Direktorat Jenderal Perhubungan Darat, Kementerian BUMN, Staf Ahli di bidang transportasi dan keselamatan jalan, Jajaran Dinas Perhubungan Prov/Kab/Kota di seluruh Indonesia, Jajaran BPTD di Indonesia, pengamat dan peneliti di bidang transportasi, serta mitra kerja Kementerian Perhubungan di bidang transportasi.

Shared: