Siap Mengglobal, Prodi IP Selenggarakan Pelatihan Jurnal Nasional dan Internasional

Author : Administrator | Kamis, 10 Mei 2018 22:07 WIB

Siap Mengglobal, Prodi IP Selenggarakan Pelatihan Jurnal Nasional dan Internasional

Dalam rangka mewujudkan World Class University, sebuah Universitas harus menunjukkan eksistensinya di tingkat global. Eksistensi tersebut salah satunya dibuktikan dengan produktivitas penelitian dan penulisan oleh para dosen dengan publikasi karya ilmiahnya. Salah satunya adalah keaktifan dalam menulis jurnal, baik jurnal nasional terakreditasi maupun jurnal internasional bereputasi. Untuk mewujudkan hal tersebut, Prodi Ilmu Pemerintahan memiliki strategi yakni, menggelar “Workshop Penulisan Artikel Ilmiah Untuk Jurnal Nasional Terakreditasi dan Jurnal Internasional Bereputasi (Kamis,10/05) di Hotel UMM Inn. Kegiatan ini terselenggara dengan dukungan dari AIPPTM, ADIPSI, dan KAPSIPI selaku mitra kerja dari Prodi Ilmu Pemerintahan.

Kegiatan yang berlangsung selama selama tiga hari ke depan dibuka langsung oleh Ketua AIPPTM, Prof.Dr.Nurmandi, M.Sc., yang juga menjadi pemateri dalam acara tersebut. Peserta workshop adalah dosen dari berbagai Universitas di Indonesia. Materi pertama disampaikan oleh Zulfatman, Ph.D yang memberikan ilmu tentang Publication and Citation Metrics. Selanjutnya, materi tentang Teknik Penulisan Literature Review yang disampaikan oleh Prof. Dr. Nurmandi, M.Sc, yang memberikan kiat-kiat atau trik-trik khusus dalam membuat Literatur Review agar dapat diterima di Jurnal nasional bereputasi dan Jurnal Internasional terakreditasi. Workshop ini sangat membantu peserta dalam membuat Artikel Ilmiah. Seperti yang disampaikan oleh peserta dari Universitas Palangkaraya, Bapak Saifulah Darlan, “dulu, sebelum tahu teknik membaca cepat Jurnal, membuat Literature Review bisa satu bulan satu jurnal, sekarang bisa dengan cepat membuat Literature Review”,tegasnya.

Selain menjadi tuan rumah, Prodi Ilmu Pemerintah juga menjadi peserta Penulisan Jurnal tersebut. Kegiatan ini sebagai bentuk strategi Prodi Ilmu Pemerintahan untuk siap mengglobal bersaing, dan tentunya mewujudkan visi Universitas menjadi world class university.

Shared:

Komentar

Tambahkan Komentar


characters left

CAPTCHA Image