Prodi Ilmu Pemerintahan
Universitas Muhammadiyah Malang
Prodi Ilmu Pemerintahan
Universitas Muhammadiyah Malang

PROFIL ALUMNI SALAHUDIN: MEMPERBANYAK JARINGAN DAN BERKARYA UNTUK DAERAH

Author : Administrator | Kamis, 01 Agustus 2013 13:26 WIB
 

Salahudin merupakan alumni ilmu pemerintahan FISIP UMM lulusan tahun 2009. Sejak kuliah, udin, sapaan akrabnya, aktif di organisasi Himpunan Mahasiswa Ilmu Pemerintahan (HIMAP) sebagai ketua departemen pengembangan intelektual, dan aktif di LSO Al-Faruq sebagai ketua umum. Meskipun aktif di organisasi, ia tetap memperhatikan kewajiban utama untuk kuliah dan mengerjakan tugas yang diberikan dosen. Sehingga kuliahnya mampu diselesaikan tepat waktu.

Impian besar dia ketika menjadi mahasiswa adalah menulis buku, studi lanjut Strata 2, dan mendirikan Lembaga Swadaya Masyarakat yang bergerak pada bidang anti korupsi. Berkat kerja keras dan doa’a, satu demi satu impian itu mulai terkabul. Tahun 2009 dia mendirikan LSM yang diberi nama Lembaga Anti Korupsi Pro Otonomi Daerah Bima Dompu Sumbawa (LAPINDA BIDOS), tahun 2010 dia melanjutkan studi S2 Program Studi Sosiologi di Program Pasca Sarjana Universitas Muhammadiyah Malang, dan tahun 2012  dia menulis buku dengan judul Korupsi Demokrasi dan Pembangunan Daerah.

LSM yang didirikan cukup eksis dalam menjalankan berbagai program anti korupsi dan advokasi anggaran. Saat ini, bekerjasama dengan LSM International, United Nations Drugs and Crimen (UNODC). Sedangkan studi S2 sedang dalam mengerjakan tesis. Buku yang baru dipublikasikannya akan disebarkan ke teman-teman perjuangannya di daerah Bima dan Dompu. Alumni ilmu pemerintahan ini memiliki visi besar, yakni memajukan daerah dompu menjadi yang lebih baik dan dipandang daerah-daerah lain. Baginnya, sebagai sarjana ilmu pemerintahan terdapat banyak jalan perjuangan untuk daerah, termasuk salah satunya adalah melalui sumbangsih pemikiran dan melalukan pemberdayaan civil society.

 

Shared:

Komentar

Tambahkan Komentar


characters left

CAPTCHA Image