Prodi IP UMM Sukses Gelar Simposium Nasional Tantangan Penyelenggaraan Pemerintahan di Era Revolusi Industri 4.0

Jum'at, 13 Desember 2019 08:57 WIB   Administrator

Prodi IP UMM Sukses Gelar Simposium Nasional Tantangan Penyelenggaraan Pemerintahan di Era Revolusi Industri 4.0

Malang, 9/12/19 - Prodi IP UMM sukses menyelenggarakan Simposium Nasional dengan mengusung tema "Tantangan Penyelenggaraan Pemeirntahan di Era Revolusi Industri 4.0", bertempat di Aula GKB IV Lantai 9 Universitas Muhammadiyah Malang. Kegiatan ini diikuti oleh 350 peserta yang berasal dari berbagai Universitas baik dari Perguruan Tinggi Muhammadiyah maupun Perguruan Tinggi Negeri di Indonesia. Total ada 157 artikel yang dipresentasikan oleh peserta. Acara ini merupakan hasil kerjasama dari AIPPTM (Asosiasi Ilmu Pemerintahan Perguruan Tinggi Muhammadiyah, Prodi Ilmu Pemerintahan UMM serta co-host dari beberapa Perguruan Tinggi Muhammadiyah lainnya.

Ketua AIPPTM Dr. Tri Sulistyaningsih, M.Si mengatakan bahwa birokrasi pemerintahan harus mewujudkan “Dynamic Government”. Sebuah pemerintahan yang mampu mengikuti dan beradaptasi dengan tantangan zaman, termasuk perkembangan teknologi informasi. Melalui forum ini, akademisi dan praktisi ilmu pemerintahan bisa merumuskan strategi-strategi yang bisa diterapkan oleh pemerintah.

Dalam acara ini juga dihadiri langsung oleh Sekda Kota Malang Drs. Wasto, SH, MH yang dalam kesempatan ini mewakili Wali Kota Malang. Simposium dibuka langsung oleh Wakil Rektor I (Bidang Akademik) Prof. Dr. Syamsul Arifin, dalam kesempatan tersebut Samsul mengapresiasi kegiatan semacam ini, apalagi dengan jumlah peserta dari berbagai universitas di Indonesia. Hal ini seperti layaknya sebuah SEA GAMES. Samsul mengucapkan selamat dating buat delegasi di Kampus Putih, Jas Merah. Selamat berkompetisi dan mempresentasikan hasil penelitianya dengan baik.

Simposium Nasional yang diselenggarakan pada 9 Desember 2019 merupakan rangkaian awal dari kegiatan-kegiatan Prodi IP dan AIPPTM yang lain, yang kemudian dilanjutkan dengan Seminar Nasional pada 10 Desember 2019. Ditempat yang berbeda juga digelar Rapat Kerja Nasional AIPPTM yang diikuti oleh 14 Universitas Muhammadiyah yang memiliki prodi ilmu pemerintahan. Dan pada tanggal 11 dan 12 Desember 2019 adalah Pelatihan NVIVO. Rangkaian kegiatan ini sekali lagi merupakan persiapan dan langkah dalam menghadapi perkembangan keilmuan dan perubahan zaman yang ada di masyarakat.

Shared: