Pelepasan Peserta Student Exchange, Prodi IP Selenggarakan Final Presentation

Senin, 17 Juni 2019 08:04 WIB   Administrator

Pelepasan Peserta Student Exchange, Prodi IP selenggarakan Final Presentation

Bersamaan dengan kepulangan lima mahasiswa Prodi IP UMM yang telah selesai melaksanakan program student exchange di College of Local Administration (COLA) Khon Kaen University (KKU) Thailand, keempat mahasiswa COLA KKU yaitu Sittisak Kaeothanmanukun, Suparom Wongracha, Mintra Wongwirat dan Kanarwut Duangin juga telah selesai melaksanakan program student exchange di Prodi IP FISIP UMM. Program yang berlangsung selama ±4 bulan ini diakhiri dengan kegiatan final presentation tentang riset yang mereka lakukan selama di Indonesia yaitu tentang Adaptation, Obstacles, Living and Well-being of Thai People in Indonesia, The Guidelines to Conserve Local Identity : a case study of Malang City, Jawa Timur, Indonesia, The Study Process Political Participation of Children and Youth in Indonesia dan The Model of Financial Preparation for The Future of Indonesian People.

Salah satu mahasiswa COLA KKU yaitu Suparom Wongracha atau yang akrab dipanggil Joy mengatakan bahwa “suatu kebanggaan dapat belajar di sini, di Indonesia, bukan hanya belajar berbagai macam materi perkuliahan di kelas tetapi juga belajar tentang budaya-budaya Indonesia dan dapat berkenalan dengan teman-teman dari berbagai suku yang ada di UMM. Kami juga merasakan adanya perbedaan dalam proses pembelajaran, jika di Thailand kebanyakan masih menerapkan sistem teacher learning center dan mahasiswanya cenderung pasif, maka di UMM yang diterapkan adalah student learning center sehingga mahasiswa tertantang untuk aktif selama di kelas. Kami merasa senang karena program ini telah berakhir dan kami dapat kembali ke Thailand tetapi juga sedih karena harus berpisah dengan teman-teman UMM. Oleh karena itu, kami berharap dapat berkunjung ke sini lagi di masa yang akan datang”, ujarnya.

Kegiatan final presentation sekaligus pelepasan mahasiswa COLA KKU ini juga dihadiri oleh Dr. Dyah Estu Kurniawati, S.Sos., M.Si selaku Wakil Dekan I FISIP UMM. Beliau mengatakan bahwa juga merupakan suatu kebanggaan dapat menerima mahasiswa asing untuk belajar di lingkungan FISIP UMM. Beliau juga berharap program ini akan terus dilaksanakan yang mana manfaatnya bukan hanya bagi mahasiswa yang bersangkutan, tetapi juga bagi prodi agar dapat mengembangkan kualitas akademiknya dan sebagai langkah awal menuju International Department dan World Class University.

Shared: