Prodi IP UMM Gelar Academic Orientations for Exchange Students

Selasa, 03 Desember 2019 13:58 WIB   Administrator

Prodi IP UMM Gelar Academic Orientations for Exchange Students

Malang,- 2 Desember 2019. Sebanyak 15 Mahasiswa program exchange student dari COLA (College of Local Administration) Khon Khaen University mendapatkan Academic Orientation dari Universitas Muhammadiyah Malang dengan memperkenalkan kultur akademik di lingkungan UMM. Acara yang digelar di Aula Sidang Senat ini dibuka langsung oleh Wakil Rektor I (Bidang   Akademik) Prof. Dr. Syamsul Arifin. Acara juga dihadiri oleh M.Si, Kepala Biro Administrasi Akademik Dr. Rahmad Wijaya, Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Dr. Rinikso Kartono, M.Si, Wakil Dekan I FISIP Dr. Diah Estu, M.Si,   Ka.Prodi Ilmu Pemerintahan Muhammad Kamil, S.IP, M.Si serta jajaran dosen ilmu pemerintahan.

                Dalam sambutannya Prof. Syamsul Arifin, M,Si menyampaikan selamat datang kepada seluruh mahasiswa exchange dari COLA. Menurut beliau dengan adanya program ini membuktikan diri bahwa UMM dapat meningkatkan daya saing internasional. Pada kesempatan lain Ka. Prodi Ilmu Pemerintahan menjelaskan bahwa exchange program ini akan berlangsung selama kurang lebih satu semester. Dilakukan dengan studi di dalam class (in class) dan di luar kelas (out class), mahasiswa dapat belajar tentang banyak hal dan melakukan studi komparasi antara Thailand dan Indonesia. Muhammad Kamil juga menjelaskan output exchange program adalah tulisan yang bisa di submit jurnal nasional atau internasional dengan kolaborasi penulisan antara mahasiswa Thailand dengan mahasiswa departemen ilmu pemerintahan.

Puncak kegiatan ini ditutup dengan penyematan Almamater dari  Prof. Dr. Syamsul Arifin, M.Si Kegiatan simbolis ini bermakna Universitas Muhammadiyah Malang menerima dengan terbuka dan menganggap kehadiran mahasiswa SE sebagai bagian dari keluarga besar UMM Malang. Prof Syamsul – panggilan akrab beliau memberikan apresiasi besar atas kerjasama ini dan UMM sebagai salah satu amal usaha Muhammadiyah selalu mendukung upaya pengembangan akademik. Sebagai salah satu organisasi islam besar di Indonesia Muhammadiyah mempunyai tiga fokus dalam membangun bangsa yaitu kesehatan, pendidikan dan Ekonomi. UMM sebagai bagian dari pendidikan Muhammadiyah diharapkan dapat memberikan tambahan ilmu pengetahuan baru bagi peserta SE. Mereka diharapkan dapat belajar banyak hal di UMM soal akademik dan pluralismele budaya. Kerjasama ini sedang diproses untuk transfer kredit agar lebih berbobot. Diakhir sambutanya, Prof. Syamsul mengharapkan agar mahasiswa SE bisa segera adaptasi dan menikmati perkuliahanya di UMM Malang.

Shared: