Menguatkan Sinegritas antara Prodi IP UMM dan COLA KKU melalui Program Student Exchange

Sabtu, 15 Juni 2019 10:56 WIB   Administrator

 

Membangun Sinegritas antara Prodi IP UMM dan COLA KKU melalui Program Student Exchange

Kelima mahasiswa Program Studi Ilmu Pemerintahan FISIP UMM yaitu Ni’matul Aulia, Agus Muis Ridwan, Mussa Nompoh Wahyuh Raja, Muhammad Ansyari dan Muhammad Sofyan Putra telah selesai melaksanakan Program Student Exchange di College of Local Administration (COLA) Khon Kaen University (KKU), Thailand (09/05/2019). Selama di Thailand, mahasiswa telah melakukan berbagai macam kegiatan, mulai dari mengikuti perkuliahan di kelas, terlibat dalam COLA Seminar on Southeast Asia, Khon Kaen City Tour, culture education hingga berpartisipasi dalam kegiatan Perkumpulan Mahasiswa Indonesia di Thailand (PERMITHA) Simpul Khon Kaen.

Selama proses pembelajaran yang berlangsung ±3 bulan, mahasiswa juga telah mendapatkan berbagai macam disiplin ilmu seperti Urban Planning, Local Public Policy, Principles of Economics for Fiscal Management dan New World Order in The New Millenium. Selain pemaparan materi di kelas, sama seperti halnya yang dilakukan oleh Prodi IP UMM, mahasiswa di COLA KKU juga diharuskan untuk melakukan riset. Ridwan mengatakan bahwa “kami sangat senang diberikan kesempatan untuk terlibat dalam riset bersama dengan mahasiswa Thailand. Riset pertama yang kami lakukan bertempat di Ban Donkha Village, salah satu desa yang juga melaksanakn program One Tambon One Product (OTOP) yang mana produk utama desa ini  adalah silk atau kain sejenis songket namun berasal dari serat pohon. Riset di Ban Donkha Village dilakukan untuk mengetahui kekurangan dan kelebihan dalam pelaksanaan program OTOP sehingga hasil riset ini nantinya dapat dijadikan sebagai bahan evaluasi program.  Sedangkan riset yang kedua dilakukan di Banhad Municipality. Di Banhad kami melakukan riset tentang tata kelola pemerintahan dan tata kelola keuangan pemerintahannya. Sama seperti di Indonesia, Banhad Municipality juga menjalankan hak otonominya sehingga pemerintah Banhad banyak melakukan inovasi-inovasi terutama pada sistem pelayanan publiknya sehingga mendukung terciptanya pelayanan publik yang berkualitas”, ujarnya.  

Kepulangan mahasiswa Prodi IP UMM juga dilepas secara langsung oleh Assoc. Prof. Supawatanakom Wongthanavasu, Ph. D selaku Dekan COLA KKU. Beliau mengatakan bahwa program ini merupakan salah satu cara untuk menguatkan sinegritas antara COLA KKU dan Prodi IP UMM. Mahasiswa yang telah mengikuti program ini juga bukan hanya terbatas pada student exchange tetapi juga diharapkan dapat melanjutkan Master Degree di COLA KKU.

Shared: