Prodi Ilmu Pemerintahan
Universitas Muhammadiyah Malang
Prodi Ilmu Pemerintahan
Universitas Muhammadiyah Malang

Magang Riset Pemerintahan, Membantu Pemerintah Dan Masyarakat

Author : Administrator | Jum'at, 02 Agustus 2013 11:17 WIB

Mahasiswa Ilmu Pemerintahan FISIP UMM Angkatan 2009 mengikuti pembukaan Magang Riset Pemerintahan di Kantor BKBPM Kota Malang, 20 Oktober 2012.

Jurusan Ilmu Pemerintahan FISIP UMM kembali mengadakan program magang riset. Magang riset pada tahun 2012 ini merupakan magang yang ketiga setelah diadakan mulai tahun 2010 dan 2011. Konsep magang riset tahun 2012 sama dengan tahun-tahun sebelumnya. Dr. Tri Sulistyaningsih, M.Si., ketua prodi ilmu pemerintahan, mengatakan “konsep magang riset sama dengan sebelumnya, hanya saja, tahun 2012 ini ada perluasan program. Dulu (2010 dan 2011-red) mahasiswa fokus pada pengawalan program raskin, dana hibah, dan PNPM, tetapi tahun 2012 ini ditambah dengan tiga program yaitu Pelayanan KB, Penguatan kelembagaan pemerintahan kelurahan di Kota Malang, pemetaan profil kelurahan kota malang. Program-program tersebut dijalankan mahasiswa dibawah pengarahan Badan Keluarga Berencana dan Pemberdayaan Masyarakat (BKBPM) Kota Malang”, tuturnya menjelaskan konsep magang tahun 2012.

Selain magang untuk menjalankan program-program tersebut. Pada tahun 2012 ini, mahasiswa juga ditempatkan di Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kota Malang dan di Fraksi Partai Amanat Nasional (PAN) DPRD Kota Malang. Drs. Jainuri, M.Si., dosen Pembina magang, menjelaskan “kami sengaja menempatkan mahasiswa di KPUD dan di fraksi DPRD karena dua institusi ini sangat relefan dengan kajian ilmu pemerintahan. Di KPUD Kota Malang, mahasiswa dapat mengikuti kegiatan verifikasi partai, pemetaan kekuatan politik partai, dan manajemen politik pilkada. Sedangkan di fraksi, mahasiswa dapat mengikuti kegiatan fraksi seperti pembahasan peraturan daerah dan identifikasi aspirasi masyarakat, jelas dosen ilmu pemerintahan ini.

Magang riset yang diikuti 54 mahasiswa ini, dilepas secara resmi pada tanggal 20 Oktober 2012 di BKBPM Kota Malang. Pelepasan ini disambut baik oleh kepala BKBPM. Kepala BKBPM berharap magang yang dilakukan mahasiswa Ilmu Pemerintahan UMM dapat membantu untuk menjalankan program-program BKBPM Kota Malang dengan baik. Kepala BKBPM mengatakan, “pada prinsipnya kami menerima dengan baik mahasiswa ilmu pemerintahan UMM untuk magang ditempat kami. Kami mohon kepada seluruh staf BKBPM untuk menyambut mahasiswa dengan baik.  Dan dimohon mahasiswa untuk mengikuti dan mentaati aturan kerja yang ada ditempat kami”, tuturnya menyambut mahasiswa magang.

Shared:

Komentar

Tambahkan Komentar


characters left

CAPTCHA Image