Prodi Ilmu Pemerintahan
Universitas Muhammadiyah Malang
Prodi Ilmu Pemerintahan
Universitas Muhammadiyah Malang

MAGANG RISET PEMERINTAHAN, ESENSI KURIKULUM ILMU PEMERINTAHAN

Author : Administrator | Jum'at, 02 Agustus 2013 09:47 WIB

Magang Riset Pemerintahan (MRP) merupakan istilah baru dalam dunia pendidikan. Istilah ini merupakan hasil kegiatan workshop kompetensi Jurusan Ilmu Pemerintahan FISIP UMM pada tahun 2010. Drs. Jainuri, M.Si., sekretaris Jurusan Ilmu Pemerintahan, mengatakan “Magang Riset Pemerintahan kami rumuskan pada workshop kompetensi ilmu pemerintahan tahun lalau. Peserta workshop setuju diterapkan Magang Riset Pemerintahan. Kami definisikan Magang Riset Pemerintahan adalah program magang yang dilakukan oleh mahasiswa dengan menggunakan pendekatan penelitian, mahasiswa mengamati dan menganalisis apa yang dilakukan oleh birokrasi pada tempat magang. Jadi, MRP tidak seperti magang yang dikenal selama ini , hanya mengurus administrasi perkantoran”, ujarnya.

Setelah dilakukan wokshop, Jurusan Ilmu Pemerintahan menerapkan MRP pada dua instansi pemerintah daerah kota Malang, yakni Badan Keluarga Berencana dan Pemerdyaan Masyarakat (BKBPM), dan Sekretariat DPRD Kota Malang.  Berdasarkan hasil evalusi, program ini sangat efektif membangun daya analisis mahasiswa dalam memahami praktik pemerintahan yang sebenarnya, lanjut bapak tujuh anak ini.

Dr. Tri Sulistynaingsih, M.Si., Ketua Program Studi Ilmu Pemerintahan, mengatakan “kami melihat Program Magang Riset Pemerintahan sangat efektif untuk mendorong sense of responsibility mahasiswa terhadap persoalan pemerintahan, politik, sosial, dan budaya. Kedepan nanti, program ini akan diperlus tingkat propinsi, nasional, dan international. Dalam waktu dekat kami akan melakukan lokakarya khusus untuk mematangkan konsep Magang Riset ini sehingga lebih settle, dan kami juga berencana mematenkan Program Magang Riset Pemerintahan sebagai hak cipta Jurusan Ilmu Pemerintahan FISIP UMM”, tuturnya dengan semangat.

Program Magang Riset Pemerintahan direspon baik oleh dosen, mahasiswa, dan stakeholder lain. Hevi Kurnia Hardini, S.IP., M.A. Gov, dosen prodi Ilmu Pemerintahan, menuturkan “Magang Riset sangat perlu untuk mahasiswa karena dapat memberikan kontribusi positif bagi mahasiswa itu sendiri, diantaranya mahasiswa akan tau praktik pemerintahan yang sebenarnya, mahasiswa dapat membangun jaringan dengan stakeholder, dan setelah lulus nanti mahasiswa memiliki pengalaman kerja untuk dipraktikkan pada lapangan kerja’, tuturnya. Heru Mulyiono, S.IP., MT., pegawai BKBPM Kota Malang, mengatakan “kami sangat senang dengan magang teman-teman mahasiswa Ilmu Pemerintahan UMM. Mereka serius, sportif, dan mau bekerja keras”, tuturnya dengan jelas.
Shared:

Komentar

Tambahkan Komentar


characters left

CAPTCHA Image