Prodi Ilmu Pemerintahan
Universitas Muhammadiyah Malang
Prodi Ilmu Pemerintahan
Universitas Muhammadiyah Malang

MAGANG MAHASISWA IP UNTUK ASAH KOMPETENSI

Author : Administrator | Selasa, 20 Desember 2011 11:31 WIB
Aktifitas mahasiswa IP saat magang di BKKPM, kota Malang.

Beberapa mahasiswa Ilmu Pemerintahan(IP) angkatan 2008 saat ini sedang disibukan dengan kegiatan magang. Kegiatan ini dilakukan oleh 53 mahasiswa yang memprogram mata kuliah praktek pemerintahan.. Untuk magang ini jurusan IP bekerjasama dengan Sekretariatan Dewan (Sekwan) dan Badan Keluarga Berencana dan Pemberdayaan Masyarakat (BKBPM) kota Malang yang dipakai sebagai tempat magang mahasiswa.

Kegaiatan magang merupakan media untuk mengasah kompetensi mahasiswa IP. Kegiatan yang dilakukan sejak 15 November hingga 15 Desember 2011 disambut antusias oleh mahasiswa IP. “kegiatan magang ini sangat bermanfaat untuk aplikasi ilmu yang didapatkan di perkuliahan” ungkap ketua pelaksana magang Ary Indra Djatmika. Dari 53 mahasiswa tersebut masing-masing 8 mahasiswa ditempatkan di Sekwan dan 45 di BKBPM. Kegaiatan yang dilakukan oleh pesrta magang di Sekwan adalah menyiapkan draft paripurna, mengatur surat menyurat, pengecekan dokumen anggaran musyawarah pembangunan kelurahan (Musrenbangkel) untuk pembangunan, menyiapakan  draft UU. Sedangkan untuk kegiatan di BKBPM adalah menjadi panitia workshop PNPM mandiri. Dari kegiatan tersebut diharapakan mampu mencetak mahasiswa IP yang tidak hanya kompeten di kelas saja tetapi juga memiliki kompetensi di luar kelas yang nantinya mampu diterapkan pada masyarakat.

Dari kegiatan magang yang telah menjadi rangkaian dari perkuliahan diharapakan mahasiswa IP mampu bersaing saat sudah terjun di masyarakat nanti. Selain itu jurusan IP UMM mampu untuk diperhitungkan karena sudah mampu membekali mahasiswanya dengan ilmu dan praktek yang nantinya bisa digunakan di masyarakat. Hal inilah yang menjadikan nilai tambah jurusan IP UMM. (radz)

 

Shared:

Komentar

Tambahkan Komentar


characters left

CAPTCHA Image