Prodi Ilmu Pemerintahan
Universitas Muhammadiyah Malang
Prodi Ilmu Pemerintahan
Universitas Muhammadiyah Malang

"KULIAH PRAKTISI" GOOD GOVERNANCE SYARAT UTAMA DALAM PELAYANAN PUBLIK

Author : Administrator | Kamis, 08 Desember 2011 09:21 WIB
Berita UMM
Tampak suasana santai dan akrab pada kuliah praktisi

Sebagai bagian dari visi jurusan Ilmu Pemerintahan UMM untuk mendukung terwujudnya good governance, mahasiswa Ilmu Pemerintahan angkatan 2008 mengadakan kuliah praktisi yang diikuti oleh seluruh mahasiswa yang sedang menempuh mata kuliah manajemen pelayanan public. Dalam kuliah praktisi ini mengundang Bapak Ir. Bambang Nugroho MT selaku Kepala Bidang Perindustrian dan Perdagangan Kota Malang (Desprindag) yang berlangsung di Ruang sidang FISIP UMM (5/1). Pada kesempatan tersebut, panitia mengangkat Tema ‘’Mewujudkan Prinsip Good Governance dalam Pelayanan Publik”. Kegiatan yang turut menghadirkan dosen Ilmu Pemerintahan ini sebagai salah satu sarana bagi mahasiswa untuk mendengar langsung permasalahan dan tantangan yang terjadi dalam dunia pelayanan pemerintahan. Kuliah praktisi ini dilaksanakan sebelum mahasiswa melakukan studi lapangan. Diharapkan pada kuliah praktisi ini para mahasiwa  tidak hanya mendapatkan ilmu secara teoritis yang biasa didapatkan didalam kelas perkuliahan namun juga pembelajaran secara nyata dan praktis sesuai dengan fakta dilapangan agar para mahasiswa mampu mewujudkan prinsip Good Govenance.

Dalam materi kuliah praktisi, Pak Bambang sapaan akrabnya menyampaikan bahwa diperlukan peran partisipatif dari seluruh aktor pembangunan (multistakeholder partnership) guna mewujudkan proses pelayanan yang baik. Dimana indikator pelayanan yang baik termaktub dalam prinsip- prinsip Good Governance, yaitu adanya akuntabilitas, transparansi, efektif , efisien yang mendukung kepuasan publik. Peserta kuliah praktisi sangat antusias memberikan kritik dan saran kepada semua lini pelayanan pemerintah pada umumnya. Karena hingga saat ini, yang terbesit di benak masyarakat mengenai pelayanan pemerintah masih terkesan berbelit- belit, rumit dan masih terdapat aksi nepotisme.

Kepala Bidang Perindustrian dan Perdagangan Kota Malang (Desprindag) mengakui bahwa pelayanan pemerintah saat ini memang belum maksimal tetapi sudah mulai menunjukan progresif. Hal ini tercermin melalui proses standarisasi pelayanan yang jelas serta pelayanan yang ramah, cepat dan murah bahkan tanpa biaya. Pada akhir acara, Ir. Bambang Nugroho MT berpesan bahwa pelayanan yang baik bukan  saja dilihat dari hasil akhirnya tetapi juga dilihat dari proses pemberian layanan. Beliau juga mengajak seluruh mahasiswa untuk selalu aktif memberikan kritik dan saran kepada pemerintahan. Karena melaui kritik dan saran akan menciptakan pemerintah yang berbasis pada masyarakat. (kjr, ftr)

 

 

 

 

 

Shared:

Komentar

Tambahkan Komentar


characters left

CAPTCHA Image