Prodi Ilmu Pemerintahan
Universitas Muhammadiyah Malang
Prodi Ilmu Pemerintahan
Universitas Muhammadiyah Malang

Konsorsium Ilmu Pemerintahan PTM Se-Indonesia Membentuk AIPPTM

Author : Administrator | Kamis, 01 Agustus 2013 15:47 WIB

Dr. Tri Sulistyaningsih, M.Si., dan Dr. Nurmandi, M.Sc., pada Pembukaan Konsorsium Ilmu Pemerintahan PTM di Hotel UMM, 14 Desember 2012.

Menghadapi Perkembangan Ilmu Pemerintahan yang begitu cepat dan sangat dibutuhkan oleh stakeholder masa kini, membuat Jurusan Ilmu Pemerintahan di berbagai Perguruan Tinggi untuk terus memperkuat eksistensi ilmu pemerintahan dengan melakukan inovasi desain kurikulum , tata kelola profesional, dan mendapatkan nilai akreditasi A. Karena itu, sejumlah Jurusan Ilmu Pemerintahan di Perguruan Tinggi Muhammadiyah se-Indonesia mengadakan Konsorsium di Hotel UMM Malang, tanggal 14 s/d 15 Desember 2012. Dr. Tri Sulistyaningsih, M.Si., mengatakan ”kami sadar betul ditengah perkembangan Ilmu Pemerintahan perlu forum konsorsium untuk membicarakan arah desain kurikulum, tata kelola, dan manajemen mutu sehingga Ilmu Pemerintahan sesuai dengan kebutuhan stakeholder” tutur ketua Program Studi Ilmu Pemerintahan UMM-Malang sekaligus penanggung jawab pelaksana konsorsium.

Inovasi Ilmu Pemerintahan perlu dilakukan secara bersama supaya informasi dan pengalaman tentang tata kelola masing-masing dapat disatukan menjadi kekuatan yang utuh. Kekuatan yang utuh memberikan spirit kolektif untuk maju bersama. Dr. Nurmadi, M.Sc., Dekan FISIP UMY, menyampaikan “konsorsium ini sengaja diselenggarakan dalam rangka mempersatukan kekuatan sehingga tercipta tata kelola ilmu pemerintahan yang utuh dan bertanggung jawab. Karena itu, konsorsium ini ditargetkan mencapai kesepakatan bersama tentang penguatan program studi dengan konsep yang nantinya diharapkan lahir dari forum ini”, jelasnya pada pembukaan konsorsium.

 

Dr. Tri Sulistyaningsih, M.Si., dan Dr. Nurmandi, M.Sc., pada Pembukaan Konsorsium Ilmu Pemerintahan PTM di Hotel UMM, 14 Desember 2012.

Konsorsium dengan tema “Memperkuat Eksistensi Ilmu Pemerintahan dalam Mewujudkan Peradaban Bangsa” ini dihadiri 20 (dua puluh) peserta dari delegasi 10 (sepuluh) Perguruan Tinggi Muhammadiyah. Peserta mewakili perguruan tinggi masing-masing diberi kesempatan untuk menyampaikan pandangan umum tentang eksistensi ilmu pemerintahan masa kini dan akan datang, dan tata kelola program studi masing-masing. Setelah pemaparan peserta, dilanjutkan dengan diskusi komisi tata kelola, komisi kerjasama, komisi penelitian dan pengabdian, dan komisi publikasi. Hevi Kurnia Hardini, ketua pelaksana, mengatakan “konsep yang disampaikan peserta dijadikan sebagai acuan untuk merumuskan model kerjasama antar Jurusan Ilmu Pemerintahan PTM yang diperkuat melalui diskusi komisi”, tuturnya.

Konsorsium yang berlangusng dua hari itu menghasilkan terbentuknya Asosiasi Ilmu Pemerintahan Perguruan Tinggi Muhammadiyah selanjutnya disingkat AIPPTM. “Alhamdulillah kami sepakat membentuk Asosiasi Ilmu Pemerintahan Perguruan Tinggi Muhammadiyah. Asosiasi ini menjadi sarana penting bagi Jurusan Ilmu Pemerintahan PTM untuk saling membantu dalam mengembangkan desain kurikulum, tata kelola, dan pengembangan program penelitian dan pengabdian, sehingga nantinya terwujud Jurusan Ilmu Pemerintahan yang berdaya saing dan berkemajuan”, ujar Tri Sulistyaningsih yang dikukukan sebagai Sekertaris Umum AIPPTM.


Shared:

Komentar

Tambahkan Komentar


characters left

CAPTCHA Image