Prodi Ilmu Pemerintahan
Universitas Muhammadiyah Malang
Prodi Ilmu Pemerintahan
Universitas Muhammadiyah Malang

Himap Gelar Seminar Nasional Dalam Rangka Reformasi Birokrasi

Author : Administrator | Selasa, 20 Desember 2011 12:00 WIB
Pemateri dalam seminar Nasional FOKKERMAPI.

Himpunan Mahasiswa Ilmu Pemerintahan (HIMAP) UMM menyelenggarakan seminar nasional yang mengangkat tema “Finding The Best Bureaucracy Reform 2014-2019”, selasa (13/12). Acara yang diselenggarakan di Basement Dome ini dibuka oleh sambutan Presiden wilayah 2 Abu Bakar dan diresmikan oleh Pembantu Rektor III Joko Widodo.  Acara tersebut merupakan rangkaian dari kegiatan acara tahunan dari Forum Komunikasi dan Kerjasama Mahasiswa Ilmu Pemerintahan se Indonesia (FOKKERMAPI).  Seminar ini dihadiri oleh perwakilan mahasiswa jurusan Ilmu Pemerintahan se-Indonesia dan peserta umum yang berasal dari malang sendiri.

Seminar ini menghadirkan keynote speaker Bupati Malang Rendra Kresna yang diwakili oleh Sekda Kabupaten Malang , Drs Abdul Malik, SE yang juga menampilkan dua pembicara praktisi pemerintahan  yaitu Prof Mas’ud Said, Ph.D dan Dr.halilul. Ketua pelaksana Nurmansyah mengungkapkan acara ini bertujuan untuk melahirkan dan mencari konsep reformasi birokrasi 2014-2019 yang terbaik serta dapat dijadikan acuan untuk kebijakan pemerintah kedepannya.   

Dalam penyampaiannya Abdul malik menjelaskan reformasi adalah seputar tujuan utama good governance yang menyangkut sistem kerja dan inovasi. “reformasi birokrasi dapat dilakukan dengan penguatan sistem birokrasi  dengan meningkatkan regulasi, akuntabilitas, dan peningkatan pelayanan masyarakat sehingga dapat tercapainya efektifitas dan efesiensi biaya yang sesuai dengan kebutuhan,” ujarnya.

Senada dengan hal itu Khailul mengungkapkan bahwa pemerintahan adalah organisasi yang monopoli dan cenderung korup untuk itu perlu  adanya inovasi baru, penerapan baru untuk mewujudkan konsep dan terobosan yang baru. Mas’ud juga mengharapkan bahwa forum seperti perlu diperbesar khususnya bagi masyarakat ilmu pemerintahan, karena berangkat dari kekritisan kita maka terciptanya lah reformasi yang lebih baik lagi melalui sebuah demokrasi.

Sementara itu dari kalangan mahasiswa, Faidil Ichsan mahasiswa yang berasal dari Universitas Muhammadiyah Makassar mengapresiasi baik acara yang diselenggarakan panitia mulai dari konsep acara seminarnya sampai dengan pelayanan sebagai tuan rumah. “saya merasa puas dengan penyambutan dan kesiapan teman-teman UMM sebagai tuan rumah  dan saya berharap melalui rangkaian acara tahunan  FOKKERMAPI ini kami bia memberikan kontribusi bagi bangsa indonesia”,ungkapnya. (ftr)

 

Shared:

Komentar

Tambahkan Komentar


characters left

CAPTCHA Image