Prodi Ilmu Pemerintahan
Universitas Muhammadiyah Malang
Prodi Ilmu Pemerintahan
Universitas Muhammadiyah Malang

HIMAP GELAR LATIHAN DASAR KEPEMIMPINAN MAHASISWA (LDKM)

Author : Administrator | Jum'at, 02 Agustus 2013 10:56 WIB
Foto Bersama Panitia LDKM dengan TNI di Pangkalan Bandara Abdurrohman Sholeh Malang.

Himpunan Mahasiswa Ilmu Pemerintahan (HIMAP) UMM, tanggal 15 s/d 16 Oktober 2011 menggelar Latihan Dasar Kepemimpinan Mahasiswa (LDKM) di Pangkalan Militer Bandara Abdurrochman Saleh Malang. Kegiatan rutin itu bertujuan pembentukan karakter kepemimpinan mahasiswa Ilmu Pemerintahan pada bidang pemerintahan, sosial dan politik. LDKM yang diadakan selama dua hari itu memiliki perbedaan pola penyelenggaraan dengan LDKM sebelumnya. 

“LDKM periode ini menggunakan pendekatan semi militer, tidak seperti pelaksanaan periode sebelum-sebelumnya yang monoton pada materi bukan praktik kepemimpinan”, Ujar Agung Kurniawan, Ketua HIMAP. Meskipun berpendekatan semi militer, bukan dalam arti mahasiswa dididik berkarakter otoriter seperti jiwa militer yang kita kenal dan bukan menumbuhkan sikap pasif sistem komando dalam militer. Mahasiswa perlu mendapatkan ilmu kepemimpinan militer pada segi kedisiplinan dan ketegasan egaliter, lanjut Agung, sapaan akrabnya.

LDKM yang diikuti sejumlah mahasiswa Ilmu Pemerintahan angkatan 2011, diisi dengan materi dan outbon. Materi disampaikan oleh dosen dan militer. Outbond didampingi oleh militer yang bertugas dipangkalan Bandara Abdurrohcman Soleh, papar Agus Amir, Ketua Panitia kegiatan. Pada pelaksanaan kegiatan, ada sedikit insiden ringan pada saat pembukaan acara, yakni terdapat beberapa mahasiswa yang pinsan karena kepanasan. Namun, insiden itu teratasi dengan baik dan acara berjalan dengan lancar. Peserta mengaku senang dengan kegiatan LDKM yang diselenggarakan, lanjut Agus.

Shared:

Komentar

Tambahkan Komentar


characters left

CAPTCHA Image