Prodi Ilmu Pemerintahan
Universitas Muhammadiyah Malang
Prodi Ilmu Pemerintahan
Universitas Muhammadiyah Malang

Government Science Activities : PRODI IP RAIH AKREDITASI A TERUS BERINOVASI DAN RAIH PRESTASI

Author : Administrator | Jum'at, 02 Agustus 2013 10:26 WIB

Tahun 2012  mencatat sejarah emas bagi Program Studi Ilmu Pemerintahan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Muhammadiyah Malang. Pada tahun 2012 ini, pertama kali Prodi Ilmu Pemerintahan FISIP UMM mendapat Akretidasi A. Tidak mudah mendapat Akreditasi A. Mendapat Akreditasi A butuh proses panjang dan kerja keras untuk berinovasi dan  berprestasi pada bidang pengajaran, penelitian, dan pengabdian serta tata kelola jurusan. Dr. Tri Sulistyningsih, M.Si., Ketua Program Studi Ilmu Pemerintahan, mengatakan “Kami bersyukur di tahun 2012 ini Program Studi Ilmu Pemerintahan Terakreditasi A. Mendapat Akreditasi A tidak semudah membalikkan telapak tangan, namun butuh proses panjang dan kerja keras dalam segala aspek”., tuturnya.

Aspek pengajaran, penelitian, dan pengabdian butuh inovasi dan prestasi. Dengan inovasi dan prestasi yang bagus, maka Akreditasi A akan diraih. “Aturan Badan Akrditasi Nasional Pergutuan Tinggi (BAN-PT-red) menetapkan instrumen yang detil dan komprehensif untuk mendapatkan Akreditasi A. BAN PT menilai kualiats pengajaran, penelitian, dan pengabdian. Disampig itu, penilaian BAN PT juga menyangkut sarana dan prasarana Prodi yang mendukung tiga aspek tersebut. Alhamdulillah, Prodi Ilmu Pemerintahan memiliki sarana dan prasarana yang berkualitas dalam mendukung pengajaran, penelitian, dan pengabdian. Prodi Ilmu Pemerintahan memiliki Staf Pengajar berkualifikasi pendidikan Professor, Doktor, dan Master, memiliki Laboratorium sebagai sarana pengembangan potensi akademik mahasiswa, perpustakaan yang diisi oleh buku dan jurnal yang berkualitas, ruang kuliah multi media. Fasilitas tersebut diantaranya diperoleh dari  Program Hibah Kompetensi Institusi dari DIKTI. Dengan sarana dan prasaran yang dimiliki, di tahun 2012 ini Program Studi Ilmu Pemerintahan Terakreditasi A”, Tutur Kajur Berprestasi Peringkat II Se Jawa Timur  dan finalis tingkat nasional ini.

Dari 144 Jurusan Ilmu Pemerintahan se Indonesia hanya 4 Jurusan Ilmu Pemerintahan yang terakreditasi A salah satunya adalah Jurusan Ilmu Pemerintahan  Universitas Muhammadiyah Malang. Drs. Jainuri, M.Si., Sekretrasi Jurusan Prodi IP FISIP UMM, mengatakan, mendapat akreditasi A ini dapat dikatakan prestasi yang membanggakan. Dan semoga prestasi ini terus dipertahankan sampai kapanpun”, ujar sekjur tujuh anak ini.

Prof. Ir. Sujono, M.Kes., mantan Pembantu Rekror I UMM periode 2005-2012, menjelaskan “Akreditasi A sangat penting bagi institusi pendidikan dan masyarakat sebagai peserta didik, karena, bentuk dari pertanggungjawaban terhadap jaminan kualitas pendidikan yang baik, jaminan kualitas keilmuan peserta didik, jaminan terhadap kualitas dan kompetensi lulusan, dan jaminan lapangan kerja bagi lulusan atau alumni. Saat ini, para stakeholder pengguna lulusan mayoritas memprioritaskan srajana yang lulus dari program studi terakreditasi A”, tuturnya menyampaikan pentingnya Akreditas A.

Shared:

Komentar

Tambahkan Komentar


characters left

CAPTCHA Image