Prodi Ilmu Pemerintahan
Universitas Muhammadiyah Malang
Prodi Ilmu Pemerintahan
Universitas Muhammadiyah Malang

Government Science Activities : MAGANG RISET PEMERINTAHAN, BEKALI KEAHLIAN LAPANGAN

Author : Administrator | Jum'at, 02 Agustus 2013 11:00 WIB

Mahasiswa Ilmu Pemerintahan Angkatan 2008 sedang Magang Riset Pemerintahan di Sekwan DPRD Kota Malang. 




Ari Indra Djatmiko (Mahasiswa Ilmu Pemerintahan Angkatan 2008) sedang Magang Riset Pemerintahan di BKBPM Kota Malang.




Program Studi Ilmu Pemerintahan kembali mengadakan program Magang Riset bagi mahasiswa yang menempuh mata kuliah Praktek Pemerintahan. Magang riset yang bertujuan untuk menganalisis praktik pemerintahan di lapangan ini diikuti oleh enam puluh satu mahasiswa aktif. Magang riset dilaksanakan dalam jangka waktu satu bulan. Selama satu bulan mahasiswa Ilmu pemerintahan di tempatkan di berbagai instansi, diantaranya Badan Keluarga Berenca dan Pemberdayaan Masyarakat (BKBPM) Kota Malang, Sekretariat Dewan (SEKWAN) Kota Malang, dan dua kecamatan di Kota Malang yakni Kecamatan Sukun dan Kecamatan Klojen yang kemudian di bagi kepada masing- masing kelurahan di bawahnya.

Pada tanggal  15 November 2011  bertempat di aula BKBPM Malang, mahasiswa memperoleh pembekalan langsung dari Bapak Heru Mulyono SIP, MT , Kasubid Penguatan Kelembagaan Masyarakat (PKM) BKBPM Kota Malang. Dalam pengarahannya, Pak Heru, sapaan akrab oleh mahasiswa, menyampaikan peran strategis mahasiswa ilmu pemerintah dalam perwujudan good governance  dan agent of change bagi kebutuhan masyarakat. Pesan utama dalam pengarahannya yakni menganalisa dokumen Musrenbang di daerah tempat mahasiswa mengadakan magang dan mempersilahkan kepada mahasiswa untuk mengkajinya dari berbagai perspektif.


Pengarahan magang riset ini, didampingi oleh  Ketua dan Sekretaris Program Studi Ilmu Pemerintahan. Pada kesempataan itu, Dr. Tri Sulistyaningsih, M.Si., memberikan pengarahan kepada mahasiswa yang diawali dengan penyampaian filosofis adanyan program magang riset di Program Studi Ilmu Pemerintahan. “Prodi IP menerapkan Program Magang Riset untuk praktek ilmu pemerintahan dimana  sebelumnya, praktek ilmu pemerintahan diterapkan melalui sistem Study Exsersive (SE).  Perubahan ini dikarenakan, pertama, SE sudah terlalu sering diterapkan, kedua¸menjawab tuntutan mahasiswa untuk diterapkan magang riset. Alasan inilah yang mendorong kita untuk menerapkan magang riset. Hal ini juga dilakukan guna memberikan nilai tambah ( value added) bagi mahasiswa Ilmu Pemerintahan. Magang riset juga sebagai fokus utama dalam mempertajam keahlian lapang (technical skill) bagi mahasiswa, tutur ketua prodi ini dengan jelas.

 

 

 

Dalam momen pengarahan tersebut, ketua prodi, Dr. Tri Sulistyaningsih, M.Si., juga  memberikan motivasi kepada mahasiswa agar mampu memanfaatkan magang riset ini secara efektif dan efisien. Munurutnya, mahasiswa akan menemukan korelasi yang sesungguhnya antara konsep pemerintahan di perkuliahan dengan kasus yang ada di lapangan dan kemudian bisa menghasilkan problem solving atas permasalahan yang ada. Sebagai penutup dalam pengarahannya, Ibu Tri, sapaan akrab oleh mahasiswa, menyapaikan kepada mahasiswa agar mampu menjaga nama baik almamater UMM dan Program Studi Ilmu pemerintahan khusunya, pesanya.



 

Shared:

Komentar

Tambahkan Komentar


characters left

CAPTCHA Image