Prodi Ilmu Pemerintahan
Universitas Muhammadiyah Malang
Prodi Ilmu Pemerintahan
Universitas Muhammadiyah Malang

Government Science Activities : ASESMEN LAPANG AKREDITASI BORANG IP, BEKERJA UNTUK MERAIH YANG TERBAIK

Author : Administrator | Jum'at, 02 Agustus 2013 09:59 WIB

Dari kanan: Dr. Tri Sulistyaningsih, M.Si., Kajur IP, Dr. Wahyudi, M.Si., Dekan FISIP, Drs. Edi Santoso, SU., Asesor I, Dr. Nawiruddin, M.Si., Asesor II, sedang penyerahan cenderamata usai acara asesmen.

Tanggal 26 s/d 28 April 2012 Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN PT) melakukan asesmen lapang Program Studi Ilmu Pemerintahan. Dua asesor yakni Drs. Edi Santoso, SU., dari UNDIP, dan Dr. Nawiruddin, M.Si., dari UIN Hidayatullah Jakarta ditunjuk oleh BAN PT untuk melakukan pemeriksanaan tatakelola Prodi Ilmu Pemerintahan pada aspek Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu Pendidikan, Penelitian, dan Pengabdia Program Studi Ilmu Pemerintahan pada tiga tahun terakhir (2008, 2009,2010).

Pelaksanaan Akreditasi membutuhkan persiapan matang untuk menyusun isian Borang dan Evalusi Diri yang disertai bukti fisik. Dr. Tri Sulistyaningsih, M.Si., kajur yang mendapatkan prestasi kajur terbaik peringkat pertama tingkat universitas ini mengatakan “sesuai aturan BAN PT, berkas akreditasi terdiri dari Borang dan Evalusi Diri. Isian borang mencakup tujuh standar yang memuat aktivitas program studi pada bidang pendidikan, penelitian, dan pengabdian selama tiga tahun terakhir. Evalusi Diri mencakup profil program studi, kondisi, perkembangan, pencapaian, rencana strategis, dan analisi SWOT program studi. Isian borang dan evalusi diri harus realistis dan rasional berbasis data atau bukti fisik”, kata Alumni Doktor Universitas Brawijaya Malang ini.

Penyusun Borang dan Evalusi Diri membutuhkan TIM khusus yang memiliki dedikasi tinggi pada program studi. TIM ini bekerka keras tanpa mengenal waktu, orientasi utama TIM adalah menyelesaikan penyusunan Borang dan ED sesuai target yang ingin dicapai. Drs. Jainuri, M.Si., sekretaris Prodi Ilmu pemerintahan, menjelaskan “penyusunan Borang dan ED bukan pekerjaan mudah, oleh karena itu harus dibentuk TIM khusus atau task force yang memiliki visi dan misi untuk membangun prodi. Kami memiliki TIM itu sehingga Borang dan ED dapat diselesaikan dengan baik. Kami berusaha semaksimal mungkin untuk mendapatkan hasil yang maksimla”, jelasnya.

Pada saat asesmen yang dilaksanakan di Runag Sidang FISIP, asesor Drs. Edi Santoso, SU., dan Dr. Nawiruddin, M.Si., mempertanyakan bukti-bukti fisik sesuai isian Borang dan ED. Pelaksanaan asesmen diawali dengan pemerikasaan borang pada standar satu hingga standar tujuh, setelah itu dilanjutkan dengan pemeriksaan borang fakultas yang disesuaikan dengan borang program studi. Drs. Edi Santoso, SU., ketua TIM asesor, mengatakan “kami mengucapkan terima kasih atas sambutannya, secara umum program studi ilmu pemerintahan terlihat siap dan serius, hal ini tampak pada isian dan data borang yang sudah disiapkan. Semoga ini menghasilkan hasil sesuai harapan bapak/ibu”, demikian tutur dosen program studi ilmu pemerintahan UNDIP mengawali asesmen. Dr. Nawiruddin, M.Si., merasa senang dan bangga terhadap prodi ilmu pemerintahan yang kelihatan kompak menyiapkan pelaksanaan asesmen, “kami bangga karena prodi ilmu pemerintahan menyiapkan pelaksanaan asesmen sangat serius, hal ini terlihat dari kehadiran dosen, mahasiswa, alumni, dan pengguna alumni. Semuanya hadir, kami jarang menemukan hal ini. Ini sangat membantu kami untuk mendapatkan informasi yang objektif. Semoga ini membawa hasil yang baik”, tutur dosen administrasi negara pada jurusan Ilmu Politik UIN Hidayatullah Jakarta ini dengan senang. Hasil asesmen diperkiran akan dikeluarkan oleh BAN PT pada akhir bulan Mei 2012 ini. Semoga hasil asesmen ini sesuai apa yang diharapkan oleh Bapak/Ibu, lanjutnya. (udin)

Shared:

Komentar

Tambahkan Komentar


characters left

CAPTCHA Image