Prodi IP UMM Gelar Pelepasan Peserta Students Exchange Program ke COLA KKU Thailand

Sabtu, 23 November 2019 10:33 WIB   Administrator

Prodi IP UMM Gelar Pelepasan Peserta Students Exchange Program ke COLA KKU Thailand

Prodi IP UMM resmi melepas secara simbolik keberangkatan mahasiswa Student Exchange Program ke College of Local Administration (COLA) Khon Kaen University, Thailand pada Sabtu (23/11/2019). Kegiatan ini dihadiri oleh Jajaran Dekanat FISIP, Ka. Prodi dan Sekretaris Prodi di lingkungan FISIP UMM, Kepala Biro Administrasi Akademik (BAA) UMM Malang Bapak Dr. Rahmad Wijaya, ME dan Wakil Rektor I UMM Malang Bapak Prof. Syamsul Arifin, M.Si. Tercatat 19 mahasiswa menjadi peserta program SE ini dengan 15 mahasiswa berasal dari Prodi Ilmu Pemeritahan dan 4 dari Prodi Sosiologi.

Muhammad Kamil, S.IP.,MA sebagai salah satu penanggungjawab utama melaporkan bahwa program ini berlangsung selama kurang lebih 6 bulan terhitung Desember 2019-Mei 2020. Model pembelajaranya bersifat in class dan out class yang dikonversikan dalam bentuk transfer kredit. Pihak Khon Kaen University, Thailand mensupport kegiatan ini dalam bentuk pembebasan biaya perkuliahan dan penyediaan tempat tinggal (Dormitory). Lebih lanjut, Muhammad Kamil melihat bahwa program seperti ini sangat penting untuk mendukung proses internasionalisasi program studi dan Universitas. Apalagi di tahun 2020 UMM Malang menapaki world class University sehingga kegiatan-kegiatan seperti ini perlu terus didorong dan disupport khususnya oleh Universitas.

Dr. Rinikso Kartono, M.Si selaku Dekan FISIP UMM menekankan bahwa pentingya internasionalisasi prodi dalam proses akreditasi 9 standar. Sebab itu, FISIP UMM memberikan apresiasi dan terus mendukung inisiasi-inisiasi serupa oleh program studi menuju international competitivnes. Tidak lupa, Dekan FISIP UMM menitipkan pesan kepada mahasiswa untuk menjaga nama baik Universitas Muhammadiyah Malang. Keikutsertaan mahasiswa dalam program prestisius ini tentunya akan memberikan kebanggan tersendiri bagi orang tua sehingga mahasiswa betul-betul fokus penuh pada kegiatan akademik.

Puncak kegiatan ini ditutup dengan pelepasan secara simbolik oleh Prof. Syamsul Arifin, M.Si selaku Wakil Rektor I Bidang Akademik UMM Malang. Universitas Muhammadiyah Malang sangat mengapresiasi penuh kegiatan-kegiatan internasionalisasi seperti ini. Syamsul Arifin mengemukakan bahwa saat ini UMM Malang sedang melakukan ikhtiar keras untuk menuju World Class University. Berbagai program-program penguatan internasionalisasi dan infrastruktur pendukung telah disiapkan. Saat ini koordinasi dan konsolidasi juga makin masiv dilakukan. Program seperti ini juga sangat bermanfaat bagi mahasiswa selain memberikan pengalaman akademik yang baru juga dapat mempelajari budaya dan kehidupan sosial di Thailand. Terakhir, Syamsul Arifin menitipkan wejangan agar mahasiswa untuk secara sungguh-sungguh fokus pada kegiatan akademik serta melakukan adaptasi secepat mungkin agar investasi biaya dan waktu yang telah dikeluarkan oleh mahasiswa tidak sia-sia.

Shared: