Prodi Ilmu Pemerintahan
Universitas Muhammadiyah Malang
Prodi Ilmu Pemerintahan
Universitas Muhammadiyah Malang

BKKBN JATIM GANDENG PSKKP FISIP MELAKUKAN PENELITIAN SENSUS KEPENDUDUKAN

Author : Administrator | Jum'at, 02 Agustus 2013 09:48 WIB

Pusat Studi Kependudukan dan Kebijakan Pembangunan (PSKKP) Fakulats Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Muhammadiyah Malang kembali bekerjasama dengan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Propinsi Jawa Timur untuk mengadakan penelitian tentang sensus kependudukan. Dr. Tri Sulistyaningsih, M.Si., ketua Tim Penelitian, mengatakan “pada tahun 2011 kami bekerjasama dengan BKKBN mengadakan penelitian tentang sensus kependudukan. Tim penelitian mampu mengerjakan penelitian dengan baik. Laporan penelitian dipresentasikan kepada BKKBN di Jakarta. Allhamdulillah tahun 2012 ini kami masih dipercayai sebagai mitra BKKBN untuk melakukan penelitian sensus kependudukan. Semoga kepercayaan ini dapat kami kerjakan dengan baik seperti tahun lalu”, ujarnya dengan semangat.

Penelitian tentang kependudukan memiliki tantangan tersendiri karena harus menguasai metode penelitian kualitatif dan kuantitaf. Dr. Wahyudi, M.Si., dekan FISIP, “penelitian tentang kependudukan membutuhkan keahlian dalam menguasai metode penelitian kualitatif dan kuantitaf. Karena penelitian ini menuntut data deskriptif dan data angka. Dengan mengebolarasikan metode penelitian akan menghasilkan penelitian kependudukan yang objektif dan dapat diterima secara ilmiah, ujarnya menjelaskan bentuk dan metode penelitian yang digunakan untuk meneliti sensus kependudukan.

Kerjasama dengan lembaga lain dalam penelitian sangat dibutuhkan untuk mengembangkan kinerja institusi. “kerjasama dengan BKKBN membawa manfaat yang positif untuk membangun kinerja institusi dan dapat mewujudkan atmosfir pendidikan, penelitian, dan pengabdian yang nyata”, tutur Wahyudi, penulis buku gerakan sosial masyarakat tani ini dengan semangat.

Untuk mempertajam analisis penelitian dan memperkuat kemitraan, tanggal 22-26 Mei 2012 BKKBN mengadakan workshop pemanfaatan hasil Sensus Penduduk (SP) 2010. BKKBN mengundang Dr. Tri Sulistyaningsih, M.Si., mewakili PKKP FISIP UMM untuk mengikuti kegiatan tersebut.

Shared:

Komentar

Tambahkan Komentar


characters left

CAPTCHA Image