Mahasiswi IP UMM Ikut Selenggarakan Rangkaian Pekan Nasional Keselamatan Jalan di Kota Tegal Bersama Ditjen Hubdat

Rabu, 21 Agustus 2019 15:23 WIB   Administrator

 

Mahasiswi IP UMM Ikut Selenggarakan Rangkaian Pekan Nasional Keselamatan Jalan di Kota Tegal Bersama Ditjen Hubdat

Salah satu mahasiswi IP UMM yaitu Ni'matul Aulia ikut selenggarakan rangkaian Pekan Nasional Keselamatan Jalan Tahun 2019 yaitu kegiatan Sosialisasi dan Pesta Siaga Keselamatan dilaksanakan di Politeknik Keselamatan Transportasi Jalan (PKTJ) Tegal. 

Kegiatan yang dilaksanakan pada hari Senin (19/8/2019) ini, bertujuan untuk meningkatkan keselamatan dalam berlalu lintas dan menurunkan angka kecelakaan lalu lintas. Di samping itu, kegiatan yang penyelenggaraannya bekerjasama dengan PKTJ Tegal ini juga dilaksanakan untuk membentuk perilaku dan budaya berkeselamatan terutama di kalangan adik-adik pramuka siaga atau anak-anak sekolah dasar serta bagi taruna-taruni PKTJ Tegal.

Dengan sasaran kegiatan anak-anak sekolah dasar, maka pembentukan perilaku dan budaya serta edukasi keselamatan dilakukan dengan cara yang seru dan menarik yaitu melalui kegiatan pesta siaga keselamatan. Pesta siaga keselamatan terdiri dari serangkaian permainan yang berkaitan dengan perlengkapan lalu lintas jalan dan tata cara perilaku yang berkeselamatan dalam berlalu lintas seperti halnya sunda manda rambu, menjodohkan gambar rambu, peragaan alat pelindung diri (APD), post-test keselamatan, demo menyeberang jalan serta spinner rambu yang semuanya dilombakan. Di samping itu, pesta siaga keselamatan juga diramaikan dengan lomba yel-yel serta daur ulang barang bekas menjadi perlengkapan lalu lintas.

Kegiatan yang melibatkan sebanyak 500 orang pramuka siaga atau pelajar sekolah dasar di Kab. Tegal, Kab. Brebes dan Kab. Pemalang ini diharapkan dapat memberikan manfaat dalam pembentukan perilaku dan budaya berkeselamatan dalam berlalu lintas. Sedangkan bagi Taruna-Taruni PKTJ Tegal dan masyarakat sekitar juga diberikan sosialisasi tentang cara berkendara dengan selamat (safety  riding) serta praktek langsung bagaimana tata cara berkendara dengan selamat (safety riding), yang mana kegiatan sosialisasi dan praktek ini dibawakan serta diarahkan langsung oleh Yamaha Riding Academy (YRA).

Kegiatan yang juga dilaksanakan dalam rangka menyambut Hari Perhubungan Nasional (Harhubnas) ini turut dihadiri oleh Direktur Jenderal Perhubungan Darat Drs. Budi Setiyadi, S.H., M.Si, Direktur Sarana Transportasi Jalan Sigit Irfansyah, ATD., M.Sc, Kepala Pusat Pengembangan SDM Perhubungan Darat, Kepala Politeknik Keselamatan Transportasi Jalan (PKTJ) Tegal, Walikota Tegal, Kapolres Kota Tegal, dan tamu undangan lainnya. 

 

Shared: